Kamis, 24 Juni 2010

Kementerian Agama RI Bantu Gereja di Jambi Rp 130 Juta

Jambi, BATAKPOS

Kementerian Agama RI melalui Komisi VIII DPR memberikan bantuan keagamaan kepada umat di Provinsi Jambi sebesar Rp 423 juta. Sebesar 130 juta bantuan itu untuk rehap bangunan gereja di Jambi. Bantuan itu diserahkan langsung Ketua Rombongan Komisi VIII DPR, H Gondo Raditya Gambiro kepada Kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Drs. H. Abdul Kadir Husein disaksikan langsung Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin, bertempat di ruang pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (23/06).

GKPS Jambi Jl Kapten Sujono Komp Gereja Kotabaru Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Bantuan itu masing-masing diperuntukkan bagi rehab Ruang Agama Anur Kabupaten Kerinci senilai Rp 15 juta, rehab tempat Ibadah Pura Giri Indraloka Kota Jambi senilai Rp 30 juta, rehab gedung pasraman/sekolah minggu Pura Giri Indraloka Kota Jambi Rp 60 juta.

Kemudian pembinaan pendidikan Agama LPDG Jambi senilai Rp 40 juta, lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha (LPKB) Provinsi Jambi Rp 130 juta, SMB V Vajra Bhumi Tri Agung Kota Jambi Rp 10 juta, bantuan Kelompok Kerja Guru (KKG) Provinsi Jambi Rp 8 juta.

Selanjutnya bantuan untuk Gereja Katolik Santo Yoseph Kabupaten Sarolangun Rp 50 juta, Gereja Pantekosta Kota Jambi Rp 20 juta, Gereja Pantekosta di Indonesia Kabupaten Merangin Rp 20 juta, rehap gereja penyebaran injil Kota Jambi Rp 20 juta dan rehab Gereja Tuhan di Indonesia Kota Jambi sebesar Rp 20 juta.

Jumlah rombongan Komisi VIII DPR RI yang melakukan kunjungan ke Jambi berjumlah 27 orang, masing-masing terdiri dari 17 orang anggota DPR RI dan 10 orang pendaping, masing-masing dari Sekretariat Komisi VIII dan penghubung dari instansi terkait.

H. Gondo Radityo Gambiro mengatakan, selama melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Jambi telah menyerap aspirasi, masukan-masukan yang bermanfaat, dan mencatat kelebihan dan kekurangan yang terjadi, yang selanjutnya akan dijadikan masukan dari pihak legislatif kepada pemerintah, untuk perbaikan disegala bidang.

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin menyampaikan ekspose tentang daerah Provinsi Jambi, bahwa Provinsi Jambi yang luasnya 53.435 km persegi sebagai daerah administrasi.

Provinsi Jambi dibagi dalam dua kota dan sembilan kabupaten, 128 kecamatan defenitif, 128 kelurahan dan 1.115 desa, dengan jumlah penduduk sampai dengan tahun 2009 mencapai 2,8 juta jiwa.

Dijelaskan, visi pembangunan Provinsi Jambi tahun 2006-2010 adalah “Jambi Mampu Maju dan Mandiri”, dan untuk mewujudkan visi tersebut agar arah dan tujuan dari pembangunan dapat terealisasi dengan baik, maka misi pembangunan Provinsi Jambi adalah, peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat, peningkatan daya saing dan kemandirian daerah, peningkatan pembangunan sarana dan prasarana dasar, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan peningkatan perlindungan masyarakat.

Namun sayang gereja kesukuan di Provinsi Jambi tak mendapat bantuan. Padahal gereja kesukuan bernaung dalam PGIW Provinsi Jambi.ruk

Tidak ada komentar: