Kamis, 18 Februari 2010

Inang-inang Pasar Angso Duo Sambut Hibah Lahan Pasar

Inang-inang Pasar Angso Duo Sambut Hibah Lahan Pasar

Jambi, BATAKPOS

Para pedagang pasar pagi khususnya kaum ibu (inang-inang) asal Sumatera Utara menyambut baik hibah secara yuridis Pasar Tradisional Angsoduo dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi.

Hibah lahan tersebut telah memenuhi persyaratan perundang-undangan. Lahan yang dihibahkan tersebut yakni seluas 8,771 hektar, tidak termasuk bangunan pasarnya.

Ny Sumbayak, seorang pedagang sayuran di Pasar Angso Dua Jambi kepada BATAKPOS, Jumat (12/2) mengatakan, para pedagang menyambut baik hibah lahan agar segera dibangun pasar tersebut.

“Pasar ini sudah buruk dan kumuh. Sudah saatnya dibangun dengan permanan. Kita menyambut baik hibah lahan itu. Berarti Pemerintah Kota Jambi sudah siap membangunnya,”katanya.

Hal senada juga dikatakan Ny Girsang, pedagang kelontong. Menurutnya, pasar tersebut sudah layak direhabilitasi total. Kondisi pasar sudah kumuh dan berkubang.

Menurutnya, dengan hibah lahan tersebut, Pemkot Jambi diharapkan untuk segera membangunnya. Pendapat yang senada juga disampaikan Ny Sidabutar, pedagang sayuran dan Ny Purba Pakpak, pedagang cabai.

Sementara itu Asisten III Setda Provinsi Jambi, Drs Satria Budi, pada prinsipnya Pemprov Jambi telah menyetujui rencana hibah asset Provinsi Jambi kepada Pemkot Jambi untuk pembangunan Pasar Angsoduo.

Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jambi, Sudirman, SH MH, mengatakan, semuanya telah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Pemprov Jambi, dan telah diatur dalam UU No. 01/2004, PP No. 06/2006 dan Perda No. 3/2009.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta, menambahkan, pihaknya akan membantu proses penyerahan asset Pemprov Jambi itu melalui Komisi I dan II DPRD Provinsi Jambi.

”Kami akan mendukung proses hibah lahan untuk Pasar Angso Duo Jambi yang akan dibangun Pemkot Jambi. Namun kami minta kepastian peruntukan lahan itu, agar tidak ada penyimpangan dikemudian hari,” katanya.

Walikota Jambi, dr. HR. Bambang Priyanto menyambut baik dukungan Pemprov dan DPRD Provinsi Jambi soal hibah serta pembangunan Pasar Angso Duo Jambi.

“Sesuai dengan konsep ekonomi Pemkot Jambi, lahan yang akan dihibahkan itu akan dibangun pasar tradisional dengan konsep modern. Nantinya pasar ini akan menjadi central ekonomi masyarakat Jambi,” kata Bambang. ruk

Tidak ada komentar: