Senin, 12 Oktober 2009

Sudah Saatnya HKBP Meningkatkan Mutu Pelayanan

Seminar Sehari” Visi Misi HKBP Distrik XXV Jambi

Jambi, Batak Pos

Pelayan-pelayan di Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) kini dituntut untuk lebih bermutu pemenuhan kebutuhan rohani, kesehatan, pendidikan hingga perekonomian jemaatnya. Implementasi Misi HKBP dilaksanakan harus dengan prinsip melayani, bukan dilayani, menjadi garam dan terang dan menegakkan keadilan, perdamaian serta keutuhan ciptaan Tuhan.

Guna mengimplementasikan Visi Misi HKBP Distrik XXV Jambi, HKBP Distrik XXV Jambi melakukan “Seminar Sehari” yang mengambil Tema “Sejahterakan Masyarakat Sejahtera Gereja” (Yeremia 29:7) di Royal Garden Hotel, Kotabaru Jambi, Sabtu (10/18).

Bantuan Gempa : Praeses HKBP Distrik XXV Pdt David F Sibuea MTh (kanan) saat memberikan persembahan yang diperuntukkan untuk bantuan korban gempa Kerinci dan Sumatera barat saat kebaktian pembukaan “Seminar Sehari” Visi Misi HKBP Distrik XXV Jambi di Royal Garden Hotel, Kotabaru Jambi, Sabtu (10/18). Foto batak pos/rosenman manihuruk.

Seminar itu juga bagian dari kegiatan Tahun Diakonia (Pelayanan) HKBP 2009. Tampil sebagai pembicara yakni Jend TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan MPA, Ir Dopang Tambunan, O.M Simangunsong, BSc dan Praeses HKBP Distrik XXV Pdt David F Sibuea MTh.

Peserta seminar kurang lebih 350 orang dari warga HKBP se Distrik XXV Jambi dan undangan dari Gereja-gereja yang ada di Kota Jambi. Seminar diawali dengan Kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt BTP Siagian MTh. Kemudian persembahan yang dikumpulkan akan disumbangkan ke korban gempa Kerinci dan Sumatera Barat.

Pdt David F Sibuea MTh mengatakan, salah satu issue penting yang telah merambah sendi berkehidupan dewasa ini adalah modernisme yang mengglobal. Perkembangan teknologi yang disertai dengan visi global telah meruntuhkan batas batas wilayah dan budaya.

Disebutkan, modernisasi dan globalisasi memiliki dampak negative yang dapat mengurangi kesejahteraan umat manusia. Guna mengantisipasi dampak tersebut, HKBP hadir dengan Visi “HKBP berkembang menjadi gereja yang inklusif, dialogis dan terbuka serta mampu dan bertenaga mengembangkan kehidupan yang bermutu di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Menurut Pdt David F Sibuea MTh, Misi HKBP Distrik XXV Jambi meningkatkan mutu segenap warga masyarakat, terutama warga HKBP melalui pelayanan-pelayanan gereja yang bermutu agar mampu melaksanakan amanat Tuhan Yesus dalam segenap perilaku kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan bersama segenap manusia di tingkat local dan nasional.

“Implikasi dari misi tersebut adalah terwujudkannya pelayanan yang utuh dan bersinergi antara pelayanan pemenuhan kebutuhan rohani, kesehatan, pendidikan hingga perekonomian. Misi penyembuhan umat yang diemban HKBP seyogyanya minimal meliputi konsep “Pargadungan” dengan mewujudkan suatu Distrik Center,”katanya.

Menurut pembicara, Jend TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan MPA, apa yang dilakukan Praeses HKBP Distrik XXV Pdt David F Sibuea MTh sudah lebih baik. “HKBP harus sering seminar untuk membuka wawaswan para pelayannya agar mau turun ke bawah. Sudah saatnya pelayan di HKBP untuk turun mengunjungi warga jemaatnya,”katanya.

Disebutkan, kebutuhan mendasar dari jemaat HKBP adalah pendidikan, kesehatan serta perbaikan perekonomian. Kini HKBP sudah saatnya sebagai fasilitaor untuk mendorong kebutuhan mendasar tersebut. ruk

Tidak ada komentar: