Rabu, 04 Februari 2009

Tanjabtim Buka Lapangan Kerja Dengan Membangun Balai Pembibitan Ternak

Tanjabtim, Batak Pos

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) tahun ini membangun Balai Pembibitan Ternak di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjabtim, Provinsi Jambi. Hal ini guna membuka lapangan pekerjaan dan mendukung sawsembada pangan.

Kabupaten Tanjabtim juga memprakarsai menuju sentra bibit ternak sapi potong di Provinsi Jambi. Peranan balai benih ini sangat peting, tidak hanya bagi masyarakat dengan terciptanya lapangan kerja baru, juga ketersediaan kebutuhan daging Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tanjabtim., Rajito kepada wartawan di Muarosabak, Rabu (4/2). Menurutnya, pembangunan balai pembibitan ini rencananya di areal 100 hektar nanti akan diberi 100 ekor sapi bali betina ditambah 10 persen lainnya sapi pejantan.

“Saat ini, tim Disnak bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Jambi sebagai konsultan telah melakukan survey di lokasi. Bahkan, saat ini tim tengah menyusun master plan guna menggali potensi-potensi yang ada di lokasi tersebut,”katanya.

Disebutkan, pola pelaksanaan pembibitan itu akan dikelola oleh petugas balai pembibitan. Induk sapi yang 100 ekor ini kan tetap dipertahankan dan jika ada hasil pembibitan yang layak untuk dijadikan induk, akan dikembangkan oleh balai benih.

Menurut Rajito, Disnak Tanjabtim juga berencana kedepannya kegiatan ini tetap berintegrasi dengan masyarakat setempat. Polanya bisa saja melalui pola penggemukan dengan bagi hasil atau pola pengembangbiakan dengan sistem satu banding dua.

Sementara itu, Bupati Tanjab Timur, Abdullah Hich kepada wartawan mengatakan, program yang dilaksanakan Disnak Tanjabtim merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan Provinsi Jambi.

“Wilayah Timur Provinsi Jambi merupakan kabupaten yang memiliki potensi pangan yang berlimpah yang siap menampung kebutuhan masyarakat Provinsi Jambi. Bahkan, baru-baru ini Pemkab juga telah menyiapkan 1000 kader pangan dan 100 kader lingkungan yang siap menyukseskan Tanjab Timur menjadi lumbung pangan Provinsi Jambi,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: