Rabu, 04 Februari 2009

Siswi SMA 4 Kota Jambi Juara Resensi Buku

Jambi, Batak Pos

Siswa SMA 4 Kota Jambi bernama Suci Purnama Sari, siswi keluar sebagai pemenang lomba resensi buku tingkat pelajar SMA se Kota Jambi yang digelar Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Book Lover, Mayang, Kelurahan Simpang Tiga Jambi. Pemenang kedua jatuh ke tangan Lisandra Maria, siswa SMA I Kota Jambi dan pemenang ke-tiga diraih Norita Indryany, siswa SMA 4 Kota Jambi.

Menurut Ketua Pengelola TBM “Book Lover” Drs. Mursyid Sonsang kepada wartawan, rabu (4/2) mengatakan, digelarnya lomba resensi buku ini untuk menumbuhkan minat baca di kalangan para pelajar.

“Saat ini ada kecendrungan para pelajar agak malas membaca buku-buku terutama buku umum. Mudah-mudahan dengan acara ini memberikan motivasi kepada para pelajar, untuk mencintai buku," ujarnya.

Menurut Mursid, lomba resensi ini dimulai awal Januari 2009 lalu. Para peserta diberi kebebasan memilih buku yang akan diresensinya. Buku-buku itu dipinjam di TBM Book Lover. Selama seminggu para peserta diberi waktu untuk menulis.

Kemudian tanggal 17 Januari hasil resensi buku itu diserahkan kepada dewan juri. Selama satu minggu dewan juri menilai hasil tulisan peserta. Dewan juri yang terdiri dari Endang Sri Lestari (Dinas Pendidikan Propinsi Jambi), Dra. Ermitati, M.Hum (Kantor Pusat Bahasa Proinsi Jambi).

Selain lomba resensi buku, TBM Book Lover juga menggelar lomba menceritakan kembali buku bacaan untuk tingkat pelajar sekolah dasar. Keluar sebagai juara I Mufidah Hanifah dari SD N 47, Juara II Nabila Firdaushy dari SD N 64, Juara III M. Akbar Syafei dari SD N 64.

Sementara itu, Siswono, Pustakawan dari SMA 4 Kota Jambi menyambut baik kegiatan lomba-lomba resensi buku ini, Pihaknya berharap acara-acara seperti ini harus sering digelar, baik oleh pemerintah atau lembaga lainnya. ruk

Tidak ada komentar: