Jumat, 27 Februari 2009

Provinsi Jambi Bentuk Forum SKDP Kejar RPJM

Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi Jambi membentuk Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (F-GSKPD) guna mengejar percepatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2006-2010. Pembentukan FGSKPD Rabu (25/2) itu diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin diwakili Asisten III Setda Provinsi Jambi Ir H. Ahmad Fauzi, MTP, Rabu (25/2) mengatakan, FGSKPD Jambi mempunyai arti sangat penting dan strategis dalam rangka mewujudkan RPJM Provinsi Jambi tahun 2006-2010.

Tahun 2010 merupakan tahun terakhir dari pelaksanaan visi dan misi yang ditetapkan dalam RPJM, yang tentunya membutuhkan perenungan, pemikiran dan analisisi yang mendalam. Sehingga arah perjalanan visi dan misi ini dapat berjalan sebagai mana mestinya, sehingga di akhir masa jabatan Gubernur Jambi tahun 2010 nanti semua harapan dan cita-cita dapat tercapai.

Disebutkan, Gubernur Jambi mengharapkan agar para peserta bisa merumuskan gagasan-gagasan yang fokus dalam membentuk program dan kegiatan terbaik yang singkon dan kolaboratif.

Baik antar SKPD maupun dengan program dan kegiatan pemerintah Kabupaten/Kota, yang akan dimantapkan dalam rencana kerja (renja) masing-masing SKPD tahun 2010 guna mewujudkan “Jambi Mampu, Maju dan Mandiri”.

Menurut Gubernur Jambi, memasuki tahun 2009, banyak peristiwa dan momen penting yang mesti menjadi perhatian yang perlu disikapi dan direncanakan secara abaik dan berkualitas.

“Adanya krisi global yang berdampak pada ekonomi regional yang juga dirasakan Provinsi Jambi, antara lain menurunnya harga komoditi ekspor unggulan Provinsi Jambi, seperti CPO dan karet. Sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat Jambi. Hal ini harus dapat diantisipasi dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan Provinsi Jambi tahun 2010,”katanya.

Disebutkan, tahun 2010 merupakan tahun transisi, dimana hasil perencanaan sebagian akan dilaksanakan oleh pejabat pemerintah yang baru, (Gubernur Jambi periode 2010-2015) serta diawasi legislative hasil Pemilu 2009.

Menurut gubernur, sejalan dengan RPJM Provinsi Jambi tahun 2006-2010, maka rencana kerja pemerintah daerah Provinsi Jambi tahun 2010 akan difokuskan pada empat program prioritas pertama yakni Revitalisasi Pertanian dan UKM, kedua Peningkatan Pembangunan infstruktur, ketiga Pembangunan Sumber daya Manusia, dan ke empat Pembangunan Sumber Daya Alam dan Pariwisata.

Diharapkan juga pertemuan forum SKDP itu dapat menghasilkan berbagai keputusan yang ditetapkan melalui komitmen bersama di antara pelaku pembangunan terhadap program/kegiatan dan pagu anggaran yang tersedia.

“Proses dan mekanisme pengambilan keputusan dilakukan secara partisipatif dengan mengacu dan berpedoman pada dokumen perencanaan pembangunan daerah Provinsi Jambi yaitu RPJM Provinsi Jambi tahun 2006-2010,”kata Gubernur Jambi.

Ketua Bappeda Provinsi Jambi Drs Pahrul Rozi, M.Si dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan Forum Gabungan SKPD tahun 2009 guna mensinkronkan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari Kabupaten/Kota dengan renja SKPD Provinsi Jambi.

Kemudian menetapkan prioritas Renja SKPD Provinsi, menyesuaikan prioritas Renja SKPD dengan pagu/plafon dana SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah/rancangan RKPD Provinsi Jambi, dan akan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 25-26 Februari 2009.

Forum Gabungan SKPD tahun 2009 ini diikuti oleh peserta dari Provinsi, para Ketua Komisi DPRD Provinsi Jambi, Perguruan Tinggi, Kanwil, Badan, Dinas, Kantor, Biro dan Instnasi teknis, dan dari Kabupaten/Kota, Bappeda Kabupaten/Kota se – Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: