Jumat, 30 Januari 2009

Seribu Kader PKK Tanjabtim Dilibatkan Tanam Pohon

Jambi, Batak Pos

Sebanyak 1.000 orang kader PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dilibatkan dalam penanaman serentak 1.100 pohon pada program Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Sabtu (24/01) di Tanjabtim. Kemudian sore harinya kader PKK itu mengikuti pelatihan dilaksanakan di Gedung OLah Raga (GOR) Paduko Berhala, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Hj. Magdarnely Abdullah Hich mengatakan, kegiatan kali ini menandai sebuah momen betapa besarnya partisipasi perempuan dalam upaya ikut meningkatkan ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan.

Dengan dibentuknya kader pangan dan kader lingkungan diharapkan partisipasi kaum perempuan dalam pembangunan akan semakin besar, disamping memperkaya peran dan fungsi perempuan, dari yang hanya sebagai pengasuh, memeliharada dan mendidik anak-anaknya, serta kegiatan kesehariannya.

Menurut Magdarnely, Kabupaten Tanjung Jabung Timur hingga saat ini masih menjadi penghasil utama pangan, padi, palawija, kelapa dan perikanan di Provinsi Jambi. Hal ini dikarenakan potensi lahan pangan dan perikanan yang cukup luas, serta 71,5 persen masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur berusaha di bidang pertanian dan perikanan, jelasnya.

PKK sebagai kader pangan mempunyai tugas yang harus dilaksanakan dalam upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat, antara lain dengan mewujudkan ketahanan pangan keluarga melalui penganekaragaman pangan yang beragam, bergiji dan berimbang, yang sesuai dengan kondisi daerahnya.

Kemudian melakukan sosialisasi agar mewaspadai terjadinya keracunan pangan, mulai dari menanam, memilih, mengolah hingga terhidangnya makanan. Disamping mengoptimalkan lahan dengan melakukan penanaman pangan dan tanaman produktif serta bernilai ekonomis tinggi, meningkatkan industri panganm rumah tangga dan mengadakan penyuluhan, orientasi dan pelatihan untuk menunjang pemasaran.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Tanjung Jabung Timur Drs. H. Abdullah Hick, para unsure Muspida, para Kepala Dinas/Instansi Terkait tingkat Provinsi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, para Ketua dan Pengurus PKK Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: