Jumat, 30 Januari 2009

Cuaca Buruk, Gubernur Gagal Kunjungi Desa Rawan Pangan di Merangin

Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin beserta istri Ny Ratu Munawaroh gagal mengunjungi delapan desa yang krisis pangan di Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin karena cuara buruk akibat hujan berkepanjangan. Gubernur Jambi beserta istri berangkat ke Merangin dengan menggunakan helikopter milik Polda Jambi.

Seperti diketahui, ribuan warga di delapan desa, yakni Desa Tambangtembago, Kotorena, Dusun Gedang, Tanjungnoang, Kototapus, Rantausuli, Kotobaru dan Desa Pematangpenuh, Kecamatan Sungai Tenang terancam krisis pangan karena jalan ke delapan desa dari ibukota kabupaten putus.

Dampak rusak parahnya jalur jalan sepanjang lebih kurang 90 kilometer dari Kota Bangko, Ibukota Kabupaten Merangin, 25 kilometer diantaranya mengalami rusak berat, sehingga kendaraan, baik roda dua maupun roda empat untuk mengangkut barang sembilan bahan pokok sulit melewati jalur yang tertimbun lumpur hingga 0,5 - 1 meter itu.

Demikian dikatakan Kabiro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Drs H Irmal Jalil kepada wartawan di Jambi, Kamis (15/1). Menurutnya, Gubernur Jambi beserta rombongan tertahan di Desa Sei Kapas Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Rabu (14/1).

Cuaca buruk sehingga Gubernur Jambi tidak melanjutkan perjalan ke delapan desa yang krisis pangan tersebut. Namun demikian, acara kunjungan juara I LBS (Lingkungan Bersih Sehat) Provinsi Jambi ini tetap berlanjut dengan dihadiri Wakil Ketua TP PKK Propinsi Jambi, Ny Rusmaniar Rusdi.

Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Ny. Sukmajaya Nalim dalam laporannya mengatakan, Kabupaten Merangin terdiri dari 24 Kecamatan, 203 desa dan 10 kelurahan. Kini Kabupaten Merangin telah melakukan pemeliharaan terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini, kata dia, dibuktikan setiap satu minggu sekali diadakan kegiatan yaitu jum’at bersih.

“Dengan kegiatan ini, terbukti Kabupaten Merangin bisa meraih Juara I LBS tingkat Propinsi Jambi tahun 2008 lalu yang diwakili oleh Desa Sei Kapas Kecamatan Bangko. Dan saat ini kita bekerja sama dengan TP PKK Propinsi Jambi untuk meminta petunjuk dan arahan dalam persiapan lomba desa LBS tingkat nasional,” ujarnya.

Desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin, merupakan desa yang mendapat juara 1 (satu) pada lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Propinsi Jambi yang baru-baru ini di laksanakan, dan selanjutnya desa Sungai Kapas ini juga ditetapkan oleh Ketua TP.PKK Provinsi Jambi sebagai peserta lomba Lingkungan Bersih dan Sehat untuk Tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan beberapa saat lagi.

Disebutkan, Gubernur Jambi tetap akan menjalankan perjalan ke delapan desa yang terdapat krisis pangan tersebut. Gubernur juga mengintruksikan agar semua pihak khususnya Bupati Merangin untuk segera mengatasi krisis pangan di delapan desa yang terisolir tersebut. ruk

Tidak ada komentar: