Jumat, 30 Januari 2009

Seribuan Kader Pangan di Tanjabtim Siap Motivasi Petani

Jambi, Batak Pos

Sekitar seribu orang kader pangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi disiapkan guna mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sebagai lumbung pangan. Pemerintah Kabupaten Tanjabtim kini berusaha keras dalam persiapan guna mewujudkan lumbung pangan di Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Bupati Tanjabtim, Abdullah Hich dalam acara pertemuan teknis penyuluh dan Gabungan Kelompok Tani (Kapoktan) di ruang pola kantor Bupati Tanjabtim, Kamis (15/1). Menurutnya, seribu kader pangan ini akan diambil dari masing-masing kader PKK yang ada disetiap desa.

Disebutkan, setiap desa akan ditunjuk sedikitnya 10 orang kader pangan yang akan diberikan pelatihan-pelatihan tentang gerakan pangan dan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang beragam, berimbang dan bergizi (3B).

Para kader pangan ini dapat terjun langsung mengajak dan memotivasi masyarakat untuk menyukseskan Tanjab Timur sebagai lumbung pangan. Salah satu contohnya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan yang kosong dengan tanaman yang bermanfaat, budaya bersih dan mengkonsumsi makanan 3B.

Menurut Hich, selain menyiapkan seribu kader pangan, dirinya juga meminta para PPL (Petugas Penyuluh Pertanian) untuk lebih berperan aktif dan benar-benar turun ke masyarakat guna melakukan tugas penyuluhnya.

“PPL adalah ujung tombak suksesnya lumbung pangan ini, makanya PPL harus proaktif dan benar-benar turun ke masyarakat membantu dan memecahkan persoalan yang menjadi keluhan para petani,”katanya.

Ribuan hektar lahan pertanian pun turut menjadi perhatian serius pemerintah. Hal ini dibuktikan dari upaya yang dilakukan Pemkab Tanjab Timur baik dalam upaya mendapatkan bantuan dari pusat yang melalui APBN maupun dana yang bersumber dari APBD kabupaten guna memberi bantuan benih maupun pupuk kepada petani. ruk

Tidak ada komentar: