Jumat, 30 Januari 2009

Bupati Simalungun Tagih Janji Gubsu Soal Perbaikan Jalan Provinsi di Simalungun

Jambi, Batak Pos

Bupati Kabupaten Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM menagih janji Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin terkait dengan pembangunan jalan provinsi sepanjang 45 kilo meter di Kabupaten Simalungun yang kondisinya kini menprihatinkan. Jalan provinsi tersebut terdapat dari Simpang Raya hingga perbatasan Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Hal tersebut dikatakan Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM kepada Batak Pos di Jambi usai dirinya menerima penghargaan “Akutila” (“Jujur Adalah yang Utama”) dari Karangtaruna Pusat dan Kejaksaan Agung RI oleh Kejagung Hendarman Supandji di SMP 7 Kota Jambi, Selasa (20/1).

Menurutnya sekitar 45 kilo meter jalan nasional di Kabupaten Simalungun segera butuh perbaikan. Jalan tersebut dari P Siantar hingga Kecamatan Tigarunggu. “Pak Gubernur Sumatera Utara sudah berjanji akan memperbaiki jalan tersebut tahun 2009 ini. Mungkin dalam dua tahan anggaran yakni tahun 2009 dan 2010,”katanya.

Disebutkan, perbaikana infrastruktur jalan di Simalungun kini masih terkendala dana. Sehingga pembangunan jalan hingga ke sentra-sentra pertanian di Kabupaten Simalungun masih belum merata.

“Kita harapkan Dinas PU Sumatera Utara memperhatikan kondisi jalan di Kabupaten Simalungun. Karena jalan merupakan urat nadi perekonomian di Kabupaten Simalungun. Semoga saja janji Gubernur Sumut itu segera terwujud tahun ini,”katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Simalungun (Golkar) yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Eko Sulistawati menambahkan, jalan yang rusak parah itu hamper seluruh jalan di menuju pusat pemerintahan Kabupaten Simalungun, Pematang Raya.

Kondisi jalan tersebut kini sungguh meresahkan masyarakat pengguna jalan di sepanjang jalan 45 kilo meter tersebut. Pihaknya meminya Dinas PU Sumut segera merehabilitasi jalan provinsi di Kabupaten Simalungun secara permanent, bukan tambal sulam.

Pengamatan Batak Pos baru-baru ini di Kabupaten Simalungun, kondisis jalan provinsi di Kabupaten Simalungun dari P Siantar hingga Saribudolok, Kecamatan Silimakuta rusak berat. Perlu adanya pelebaran jalan tersebut sehingga bias dilalui bis-bis besar dengan leluasa. ruk

Tidak ada komentar: