Jumat, 11 Juli 2008

Dampak Kelangkaan BBM, Ratusan Ojek Ketek di Sungai Batanghari Tak Beroperasi

Jambi, Batak Pos
Ratusan pengojek perahu kayu kecil (Ketek) di Sungai Batanghari, Pasar Angso Duo Kota Jambi tak beroperasi karena langkanya bahan bakar minyak (BBM) premium empat hari terakhir. Kalaupun ada BBM premium eceran harganya berkisar Rp 12 ribu rupiah, sehingga pengojek ketek lebih memilih stop beroperasi.

Arfan (36) seorang pengojek Ketek di Pasar Angso Duo Kota Jambi saat ditemui Batak Pos, Rabu (9/7) sore mengatakan, sekitar 250 pengojek ketek di pasar tersebut terpukul akibat langkanya BBM yang mengakibatkan harga eceran BBM melonjak.

“Selama empat hari ini, harga bensin mencapai Rp 12 ribu. Sehingga banyak pengojek Ketek berhenti beroperasi. Kalaupun ada hanya menggunakan dayung hingga menyeberang sungai. Kita semakin sulit sekarang. Selain penumpang sepi yang mengakibatkan omset sepi, dampak kelangkaan BBM ini juga memukul pengojek ketek di Jambi,”ujarnya.

Menurutnya, para pengojek Ketek memperoleh BBM premium dari pengecer di kaki lima. Biasanya harganya hanya Rp 7000. Namun sekarang mencapai Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per liter.

“Kita minta pemerintah setempat untuk peduli kelangkaan BBM ini. Kalau kelangkaan BBM ini terus berlanjut, sangat memukul perekonomian yang hanya mengandalkan ojek Ketek dalam mencari hidup,”ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan Aksan (32) pengojek lainnya. Menurutnya, tingginya harga BBM di tingkat eceran membuat mereka lebih memilih stop beroperasi. Jika ada penumpang yang hendak menyeberang, hanya menggunakan dayungh hingga ke seberang Sungai.

Menurutnya, penumpangan Ketek kurun waktu sepekan terakhir sangat berkurang. “Kita biasanya dapat menyeberangkan 10 penumpang ke seberang sungai (Jambi Kota Seberang) dengan tarif Rp 3000 per penumpang. Namun kalau sepekan terakhir hanya lima penumpang,”katanya.

Lukman Sarief (27) pengojek Ketek lainnya juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, kelangkaan BBM membuat mata pencaharian sekitar 250 pengojek Ketek di Sungai Batanghari Pasar Angso Duo Kota Jambi menjerit.

Disebutkan, seluruh pengojek mengecam pemerintah dan Pertamina atas kelangkaan BBM premium tersebut. Mereka menduga ada spekulan yang bermain sehingga BBM di Jambi sangat langka. Ruk

Tidak ada komentar: