Minggu, 22 Juni 2008

Pencoblosan Pilkada Merangin Berjalan Lancar

Jambi, Batak Pos
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Merangin,Provinsi Jambi yang berlangsung Minggu (22/6) berjalan lancar. Prosespencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) diawasi oleh 1500 saksidan dijaga sedikitnya 1.000 personil keamanan dari TNI, Kepolisian,Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kebakaran dan Dinas PerhubunganMerangin.

Sementara Pilkada Merangin diikuti empat pasangan calon bupati danwakil bupati, yakni H Nalim-Hasan Basri Harun, H Handayani-Saptono, HMMadel- Zainal Arifien, dan A Arfandi Ibnuhajar - Iskandar.Ketua KPU Kabupaten Merangin, Mukti Zakaria ketika dihubungi Batak Posdari Jambi, Minggu (22/6) mengatakan, proses pelaksanaan pemilihan disejumlah TPS yang merupakan pengawasan mereka berjalan dengan lancar.

"Dari pantauan kami disejumlah TPS seperti di Muara Siau, Jangkat dansejumlah TPS proses pencoblosan berjalan lancar. Kami membagi tugasdalam memantau pelaksaan Pilkada Merangi di TPS. Sejauh yang kamipantau hingga Minggu siang berjalan lancar tanpa adanya gangguan yangsignifikan,"ujaranya.

Disebutkan, pengamanan Pilkada Merangin terdiri dari pasukan Kodim0420/Sarko 2 kompi, Brimob Polda Jambi satu kompi, Samapta Polda Jambi1 kompi, gabungan Dalmas Polres Merangin, Polres Sarolangun, PolresTebo dan Polres Bungo masing-masing 1 kompi.

Ada juga gabungan stafpolres Merangin dan jajarannya 1 kompi, Reskrim dan Intel 1 kompi,Linmas 1 kompi, Damkar 2 peleton dan Perhubungan 1 peleton.Dari sat Pol PP setda Merangin juga telah menerjunkan anggota hinggake kecamatan-kecamatan.

Begitu juga dari kepolisian telah diturunkanke desa-desa untuk keamanan dan kelancaran Pilkada Merangin.Disebutkan, semua pasangan calon bupati dan calon wakil BupatiMerangin yang ikut bertarung, juga mempersiapkan saksi pada hari Hpencoblosan dan penghitungan suara.

Para saksi sebelumnya telah diberikan pembekalan dan dikeluarkan SKserta membawa surat mandat dari masing-masing kandidat. Pasangan calonnomor urut satu Nalim-HBH, menempatkan masing-masing 2 orang saksiditiap TPS.

Begitu juga dengan pasangan H Muhammad Madel- Zainul Arfan (Maza) danpasangan Arfandi-Iskandar (AFI). Sementara pasangan Handayani-Saptono(HS) hanya akan menempatkan satu orang saksi disetiap TPS.Sementara itu Ketua tim Koalisi Nalim-HBH Bersatu, Abu Hasan SE,mengungkapkan, jumlah saksi yang dipersiapkan untuk keseluruhan TPS,PPK dan KPU Kabupaten Merangin adalah sebanyak 1532 orang.

"Semuanya sudah diberikan pembekalan, saksi akan bekerja dengan baikuntuk menghindari terjadinya kecurangan disetiap tingkatan,"katanya.

Sementara itu, M Yani, dari tim sukses HS kepada wartawan di Meranginmengatakan, untuk setiap TPS akan diberikan surat mandat sebanyak 1orang. Namun nantinya juga ada saksi dari luar sebanyak 5 orang.

Ditingkat PPK pasangan HS menempatkan 2 orang saksi dan di KPUsebanyak 5 orang. "Semua saksi siap untuk menjalankan tugasnya danmengawasi semua tahapan hari H pencoblosan nanti,"ujarnya.

Selanjutnya tim sukses pemenangan pasangan Maza (Muhammad Madel-ZainulArfan) juga telah membentuk saksi dan siap untuk melaksanakan tugas,mulai dari TPS hingga KPU nantinya."Saksi untuk di TPS sebanyak 1500 orang ditambah di setiap PPKsebanyak 3 orang dan KPU 5 orang,"kata Agus Purnomo Hawe ketua timsukses Maza.

Hal yang sama juga dilakukan oleh tim sukses AFI (Arfandi-Iskandar).Saksi yang akan diturunkan AFI, menurut Adnan, Sekretaris tim suksesAFI , ditiap TPS 2 orang, ditingkat PPK 3 orang dan 5 orang di KPU.

Menurut Mukti Zakaria, pihaknya berharap masing-masing tim suksesharus menghormati hasil dari Pilkada Merangin. Pihaknya juga memintauntuk tidak terhasut oleh oknum-oknum provokator yang memanfaatkanPilkada Merangin untuk mengacaukan masyarakat.Pihak KPU Merangin juga meminta warga untuk menahan diri atas hasilperolehan suara yang dilakukan KPU Merangin.

"Kita harapkan masyarakattetap mengacu pada hasil perhitungan suara yang dilakukan KPUMerangin,"ujarnya. ruk

Tidak ada komentar: