Minggu, 01 Oktober 2023

Pdt Ito Belihar Purba STh MSn Berikan Pembekalan Liturgis dan Musik Gereja di GKPS Resort Jambi

Foto By: AsenkLeeSaragih

KLIK Simak Video

Jambi, -Pelayanan Liturgis dan musik gereja menjadi "marketing" pelayanan dalam ibadah di gereja. Sumber daya manusia (SDM) pelayanan yang membidangi hal tersebut harus berkualitas sehingga memberikan pelayanan yang baik baji jemaat saat ibadah berlangsung. Persiapan pelayan bidang liturgis dan musik gereja menjadi hal prioritas dalam pelayanan.

Hal tersebut diungkapkan Pdt Ito Belihar Purba STh MSn, Koordinator Pusat Pengembangan Liturgi dan Musik Gereja (PPLMG) Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS ) saat memberikan materi pada pembekalan dan pembinaan Majelis dan Tim Musik, Singers, Multimedia GKPS Se Resort Jambi yang dilaksanakan di GKPS Jambi, Sabtu (30/9/2023).

Pembinaan ini dihadiri sekitar 52 orang yang terdiri dari Majelis dan Tim Musik, Singers, Multimedia GKPS Se Resort Jambi (GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Jambi). Kegiatan ini juga dihadiri Fulltimer GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi Teol, Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, Penginjil L Br Purba. 

Acara dibuka oleh Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi Teol dan sebagai moderator oleh Pdt Franky Doris Morinata Malau STh tahap pertama dan moderator tahap kedua St Thomas Iwan Dabukke SE (Sekretaris GKPS Resort Jambi). 

Pdt Ito Belihar Purba STh MSn memberikan materi bidang Liturgis dan Musik Gereja secara detail. Usai pemberian materi dilanjutkan dengan tanya jawab yang diakhiri dengan praktek langsung bidang liturgis, musik, singer dan pembawa nyanyian yang dibagi dalam dua kelompok sebagai simulasi langsung. 

Pdt Ito Belihar Purba STh MSn mengatakan, dirinya sangat senang bisa hadir di GKPS Jambi yang memberikan pelayanan kepada tim ibadah agar mereka memahami bahwa tugas pelayanan ini menuntut agar aktif dan kreatif, terus belajar dan berinovasi untuk peningkatan pelayanan ibadah. 

Terkait dengan adaya rencana pembangunan training center musik di lokasi kantor Sinode GKPS Pematangsiantar, kata Pdt Ito Belihar Purba, hal itu sebagai salah satu upaya dalam peningkatan pelayanan musik dan liturgis di GKPS secara keseluruhan. 

"Training center musik gereja dan etnik ini sebagai wadah jemaat GKPS dalam meningkatkan kemampuan musik gereja. Nantinga akan ada pelatihan selama 6 bulan kepada meraka pemusik gereja dari jemaat masing-masing GKPS di Indonesia. Selain training center nantinya Kantor Sinode GKPS juga akan memiliki rumah produksi sendiri yang ditangani oleh orang-orang profesional Jemaat GKPS," ujar Pdt Ito Belihar Purba STh MSn. (Simak Videonya)

Sementara Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi mengatakan, kegiatan pembekalan dan pembinaa liturgis dan musik gereja di GKPS Resort Jambi merupakan program GKPS Resort Jambi yang sempat tertunda tahun lalu. 

Kata Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi, kegiatan ini dalam rangka peningkatan pelayanan dalam peribadahan. Musik adalah bagian dasar sebagai orang Kristen dalam bersaksi tentang kuasa Tuhan. 

Pada kesempatan yang sama,  St Thomas Iwan Dabukke SE (Sekretaris GKPS Resort Jambi) mengatakan, apresiasi kepada Pdt Ito Belihar Purba yang telah meluangkan waktu dalam memberikan pembinaan dan pembinaan litusgis dan musik gereja kepada Majelis, Tim Musik, Tim Singers, Multi Media se GKPS Resort Jambi. 

St Thomas Iwan Dabukke SE juga mengapresiasi dan mendukung adanya rencana Sinode GKPS akan membangun training center musik gereja dan liturgis, juga rumah produksi yang akan ditangani oleh orang-orang profesional di GKPS. 

Pada akhir kegiatan ini, peserta pembinaan meminta kepada Pdt Ito Belihar Purba STh MSn untuk menyumbangkan lagu ciptaanya. Dan pada kesempatan itu Pdt Ito Belihar Purba STh MSn melantunkan tiga lagu yang mendapat sambutan meriah dari peserta pembekalan. Akhir kegiatan ditutup dengan Doa oleh Penginjil L Br Purba dan foto bersama.  (Sy Rosenman Manihuruk (AsenkLeeSaragih)

Galeri Foto Pembinaan Liturgis dan Musik Gereja di GKPS Jambi




































































  

Tidak ada komentar: