Rabu, 27 September 2023

Raih 47 Suara Dari Total 88 Pemilih, Hendry Chairudin Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Pusat Periode 2023-2028

Ketua Komisi Pendidikan Dewan Pers, Hendri Chairudin Bangun  saat Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Odua Weston JambiKamis 28 Sept 2017. (Foto Asenk Lee Saragih)

BERITAKU
-Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairudin Bangun terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Kongres PWI XXV 2023 di El Royal Hotel Bandung, Jawa Barat, Selasa malam (26/9/2023). Hendry Chairudin Bangun meraih 47 dari 88 total suara pada putaran kedua. Sementara patahan Atal S Depari memperoleh 41 pada putaran kedua dan hanya bertambah 1 suara dari peroleh 40 suara pada putaran pertama. 

Pencalonan Ketua Umum PWI periode 2023-2028 ada 3 orang kandidat maju sebagai calon. Antara lain Atal Sembiring Depari Ketua Umum PWI Pusat periode sekarang (2018-2023), Hendri Ch Bangun dan Ketua PWI Riau, Zulmansyah. Kongres PWI XXV di El Hotel Bandung berlangsung 24-26 September 2023.

Dalam pemungutan suara secara voting yang berlangsung di El Hotel, Kota Bandung, Selasa (26/09/2023), dari total 88 suara, pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah hanya mendapat 9 suara.

Sesuai dengan peraturan dan tata tertib kongres, maka pemilihan harus dilakukan dua putaran karena tidak ada yang meraih 50 persen plus 1. Dengan demikian  Atal S Depari dan Hendry CH Bangun kembali bertarung pada putaran kedua. Sedangkan Zulmansyah dinyatakan tersisih.

Pada putaran kedua, Atal selaku incumbent meraih dukungan 41 suara atau bertambah satu suara dari putaran pertama. Sedangkan Hendry memperoleh 47 suara, bertambah delapan suara dari putaran pertama 39 suara. 

Hendry-Ch-Bangun meraih kemenangan mengalahkan dua calon lain, selain Atal S Depari, calon satunya lagi Ketua PWI Riau, Zulmansyah kalah pada putaran pertama memperoleh hanya sembilan suara. Sementara itu, Sasangko terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat masa bakti 2023-2028, menggantikan Ilham Bintang. 

Sebelumnya Presiden Jokowi membuka resmi Kongres PWI XXV, Senin (25/9/2023) di Istana Presiden Jakarta. Para Ketua PWI se Indonesia, Sekertaris dan Ketua DKP bersama pengurus PWI Pusat ikut serta berada di Istana negara untuk mengikuti pembukaan oleh Presiden Jokowi. 

Sementara itu peserta lainnya yang diperkirakan 500 orang merupakan pengurus PWI Provinsi dan peninjau mengikuti pembukaan kongres melalui live streming dari El Royal Hotel Bandung Provinsi Jawa Barat.

Ucapan Terimaksih

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI ke depannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” ucap Hendry.

Sementara itu salah satu tim pemenangan Hendry CH Bangun, Adnan NS mengapresiasi rekan-rekan PWI yang telah berkontribusi dalam mengantarkan kursi Ketum PWI kepada Hendry. Ia juga berterima kasih kepada salah satu kandidat, Zulmansyah yang telah memberikan dukungan kepada Hendry CH Bangun saat putaran kedua.

“Terima kasih adinda, Suara emas anda rabu dini hari sangat menentukan kenahkodaan dan kegemilangan organisasi profesi tertua di Indonesia,” tuturnya

Terpisah, Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang menyatakan dirinya mengatakan Sulit bagi Atal untuk mengambil suara Zulmansyah. Karena sejak awal Atal menghalangi Zulman maju.

“Dalam sidang kemarin, Atal membuat pembatasan peserta calon ketua umum PWI harus memiliki 20 persen suara pendukung, baru boleh maju. Peserta pun menentang dan terjadi voting yang dimenangkan oleh Zulmansyah,” bebernya.

Lebih lanjut, suasana pemilihan tampak menegangkan, hal ini diakui oleh salah satu pendukung berat Hendry CH Bangun asal kalimantan Timur. Wiwid panggilan akrabnya, “Ayo bang mari kita terus berjuang dan berdoa untuk kemenangan Pak Hendry. Sebab, selain menggunakan kekuatan di bumi, kita perlu menggunakan kekuatan yang di langit,” tandasnya.

(ki-ka) Tiga calon Ketua Umum PWI Pusat di Kongres PWI XXV di Bandung atas nama Hendry Chairudin Bangun, Atal Sembiring Depari dan Ketua PWI Riau Zulfirmandyah. (Foto: IST)


Dua putra terbaik Karo, Hendri Ch Bangun-Atas Sembiring Depari-Kongres PWI Ke 25 di Bandung, Selasa 26 Sept 2023. (IST)

Biodata Hendry Chairudin (CH) Bangun 

Dikutip dari Portal dewanpers.or.id, Hendry Chairudin (CH) Bangun menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pers Periode 2019-2022. 

Hendry CH Bangun, Anggota Dewan Pers dari unsur wartawan ini mengawali karirnya sebagai wartawan  Majalah Sportif Jakarta pada tahun 1982 sampai tahun 1984. Berkarir di Harian Kompas mulai tahun 1984 sampai sekarang. 

Menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Harian Warta Kota mulai tahun 1999 sampai dengan 2013. Selain itu, ia juga aktif di organisasi kewartawanan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), mulai tahun 1987 sampai dengan 2018 sebagai Sekjen PWI Pusat (Periode tahun 2008 sampai dengan 2018). 

Aktif mengajar bidang Manajemen Media di Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat (sejak 2010) dan menjadi  penguji di Lembaga Penguji UKW PWI Pusat sejak 2012. Hendry Ch. Bangun juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pers Tahun 2019. Ketua Komisi Pendidikan Dewan Pers, tahun 2017. 

Selain penulisan berita, ia juga menerbitkan beberapa buku antara lain, “Wajah Bangsa Dalam Olahraga: 100 tahun Berita Olahraga Indonesia” (2007), “Meliput dan Menulis Olahraga” (2007), “Kumpulan Esai Olahraga Hendry Ch Bangun” (2012). Surel: bangunh@yahoo.com.(Asenk Lee Saragih/Berbagaisumber) 

Berita Terkait: 








Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun (kiri) dan Pimred Sumatera24jam.com Rosenman Manihuruk (AsenkLeeSaragih) saat Dewan Pers Workshop Peliputan Pasca Pemilih Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Aston Hotel Jambi, Kamis 1 Agustus 2019. (Foto Dok: AsenkLeeSaragih)

Tidak ada komentar: