Jumat, 08 September 2023

Pers Jambi Berduka, Dua Wartawan Senior Berpulang, Tasman dan Noer Faisal

"Selamat Jalan Bang Tasman dan Bang Noer Faisal".

BERITAKU-Pers Jambi berdukacita atas meninggalnya dua Jurnalis senior Jambi yakni Tasman (Ampera) dan Noer Faisal (Pelita). Tasman tutup usia 60 tahun di Rumah Sakit Muhammad Hoesein, Palembang, Sumatera Selasa, Kamis (7/9/2023) sekira Pukul 18.30 WIB karena mengalami sakit. Sedangkan Noer Faisal meninggal dunia setelah tiba di Jambi baru pulang dari Umroh ke Tanah Suci, Jumat (8/9/2023) pagi.

Jurnalis senior Noer Faisal masuk ke Jambi sebagai wartawan Medan Bisnis, kemudian Koran Pelita Jakarta dan pernah menerbitkan koran mingguan Regional. Noer Faisal juga memiliki media online Brandanews yang berkantor di rumahnya di Perum Teguh Permai, Kebun Kopi, Kota Jambi.

Sementara Tasman bin Tasarudin sudah beberapa bulan terakhir mengalami sakit pembengkakan paru-paru. Tasman meninggalkan 4 anak dan satu istri. Almarhum juga sempat menjalani perawatan di RS Bhayangkara, Jambi sebelum dirujuk ke RS Muhammad Hosein Palembang.

Jenazah Almarhum Tasman yang juga anggota dan mantan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) Provinsi Jambi itu dimakamkan, Jumat (8/9/2023) di Talang Bakung, Paal Merah, Kota Jambi, Pukul 10.00 WIB.

Di akhir hidupnya, Tasman masih aktif bergelut dengan jurnalistik. Terakhir Tasman tercatat sebagai bagian dari pengelola redaksi INFOJAMBI.COM. Tasman mengawali karirnya dari Surat Kabar Mingguan Ampera, milik seorang wartawan senior di Jambi, Murman Thoha. Koran Ampera begitu lekat dengan namanya, sehingga dia kerap disapa Tasman Ampera.

Di awal reformasi, SKM Ampera sudah jarang terbit. Lantaran semangatnya di dunia wartawan sudah melekat, Tasman ikut mendirikan Tabloid Suara Jambi, bersama Syamsuddin Noor (Alm), mantan Ketua PWI Jambi dua periode.

Semasa hidupnya Tasman dikenal sosok yang ceria. Sangat banyak kisah-kisah lucu diceritakan, apalagi tentang wartawan. Ini lah yang membuat kakek 2 cucu ini disenangi banyak rekannya sesama wartawan. Selamat Jalan Bang Tasman dan Bang Noer Faisal. (Berbagaisumber/AsenkLeeSaragih) 
Foto Noer Faisal. (IST)

Jenazah Almarhum Tasman yang juga anggota dan mantan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) Provinsi Jambi itu dimakamkan, Jumat (8/9/2023) di Talang Bakung, Paal Merah, Kota Jambi, Pukul 10.00 WIB. (Foto: IST)



Tidak ada komentar: