Sabtu, 18 Agustus 2018

Aksi Heroik Yohanis (Anak SMP Silawan Belu) Panjat Tiang Bendera Hingga Ujung Untuk Kibarkan Bendera Merah Putih

Namanya Yohanis, biasa dipanggil Jhoni dari SMP Silawan, Kabupaten Belu. Dia tinggal Di Desa Silawan, Kabupaten Belu. FB

Aksi Heroik Anak SMP Panjait Tiang Bendera Hingga Ujung Untuk Bendera Merah Putih Berkibar.
BERITAKU-Video aksi heroik seorang murid SMP di Motaain, Kupang yang memanjat ting bendera hingga ujung jadi viral di sosial media (facebook). Namanya Yohanis, biasa dipanggil Jhoni dari SMP Silawan, Kabupaten Belu. Dia tinggal Di Desa Silawan, Kabupaten Belu. 

Video kiriman Mann Dapa Taka itu Jumat 17 Agustus 2018 hingga Pukul 18.10 WIB sudah ditonton 875.000 tayangan dengan 232 komentar dan 31.000 kali dibagikan dan 8,2.000 disuka.

"Kejadian di Perbatasan Motaain tadi pagi, tali bendera putus. Seorang anak SMP keluar dari barisan dan memanjat tiang bendera untuk mengambil ujung tali yang nyangkut di ujung tiang. Sungguh sangat heroik anak ini. Salut!!! Pantas untuk dapat penghargaan," tulis Mann Dapa Taka. 

Berikut Kutipan Komentar di Facebook Mann Dapa Taka

Natallie Imanuell: Izin share, Pak

Ibyek Monelulu: Harus dapat penghargaan itu pak...

Mary Dapa Taka: Mengga Pahlawan cilik.

Jhony Manoe:Terharuuuuu... son sadar aermata tumpah....andai saja itu anak beta...??? Woooouuuuwwww... ijin share eee

Feby Rambu: Aduhhh bikin terharu pak...

Lorens M. Dadi: Hebat, Pahlawan Cilik dari ujung Negeri. Layak diberi penghargaan

Yeki Kiuk Zed: Luar biasa bapa e..

Bobby Pakh: Yang harus di kasih penghargaan juga adalah yg ambil gambar dan yg tepuk tangan hehehehe

Yandres: Nggebu luar biasa...

Merny: Bissilisin Adoe Luar biasa....

Nounach Paulina: Pophy Migu Rame Terharuuu

Indri Koop: Pingin ketemu anak ini. Minta anfo lengkap.

Tatiik Fantylia: Mari kita viralKan biar para petinggi negara tau.
Bahwa sesunggunya Anak kecil juga bisa menjadi pahlawan.

Okto Riwu: Sangat terharu.

Dalen Christina: Lewaherilla Biayai skolanya smp PT.

Semy Rudyard Balukh: Luar biasa

Agatha Helena: Sungguh Luar biasa..contoh anak bangsa yg spontan memberikan solusi. Anak kamu hebat

Kristin Bengu: Hebat2 e orng indonesia

Junus Ludji Djonga: Panitia harusx cek kondisi tali itu... tp apa yg dilakukan anak itu sungguh luar biasa

Talita Here : Taha terharu....

Yopie Liliweri: Ijin share pak Soleman Dapa Taka

Ferdy Ndun: Salut. Lur biasa.

Rambu Indah: Mbali Amah Luar biasa...Terharu.....izin shaere..

Ferdy Riwu: Sangat luar biasa anak ini,,, pantas dapat penghargaan, ijin share

Julia Agung: Bani Saluuuuttttt banget,,,!!!!

Junus Ludji Djonga: Heroik

Etty Nepa Ninef: Luar biasa ank yg cinta bangsa dn negarax

Adella Ariezz: Luar Biasaa...... IndonesiaQ_Indonesia Kita

Yohanes Mone: MERDEKA 🇮🇩

Rosny Morziex: Ayo adee..km pasti bisa..merdeka

OvHy Djuma: Luar biasa alin... terharu liu 😭😭

Yustina Ice: Salut.....aksinya,Luar biasa inilah pahlawan sesungguhnya di zaman ini.

Yustus Neolaka: Pahlawan perbatasan

Anggi Novani Ratu Tenge: Salut, Semangat anak ini

Martha Alfonsia Gilbert: Bangga dan terharu

Cecilly Adams: Luar biasa adik,,

Marko Orc: Pantas dpt beasiswa full sampai PT🖒🖒

Nita Kurnia Puradiredja: Di Jiwanya Bendera Harus Tetap Berkibar...Salut dan Hormat utk adek

Dion Lasius: Luar biasa dik syang smga sllu di berkaty Tuhan di dlm studix dn menjadi anak Indonesia yg di banggakan org tua jga sama masarakat Indonesia kmu pantas dpt menghargaan,,

Aby Destou: Subhanallah... Pantas d ksh penghargaan

Utama Mbakundima: Luar biasa 👍👍👍👍

Itha Ndoki Rame: Benar2 pejuang

Reni ReNatu: Luar biasa

Efra Dhiu: Merinding....luar biasa...patut dapat penghargaan anak 

Vines Usman: Hebat anak.luar biasa.

Maxilian Ulin: Mengarukan... Luar luar biasa ank... Trus berjuang mngejar ilmu... Engkau psti berhasil...

Rajawali Ngada: Bertaruh nyawa demi Merah Putih, demi Indonesia tercinta. Refleksi juga buat kita agar tidk usah berkelahi hanya karena warna suku, ras apalgi agama. Indonesia. Hormatku buat anak bangsa Indonesia Raya. Dan NEGARA wajib hukumnya memberi tanda Hormat!!

Nelsen Kopong Kurman: Luar biasa ade👍👍👍👍👍

Ludia Lembang: Luar biasa Tuhan memberkati

Elim Trigustin: Perjuangn utk memnjt tiang yg licin itu jg btuh pengorbnan salut dan ptut di beri penghrgaan ,,,,

Yeni Makin Mawar: Luar biasa,Tuhan memberkatimu sllu .

Dave Alor Lalompoh: Luar biasa anak ini demi merah putih dia mengambil sikap bikin air mata mau menetes, hidup INDONESIAKU

Mishel Dewiyanti Adoe: Mengharukan, luar biasa generasi penerus bangsa...

Asro Macho Belalawe: Pejuang cilik di jaman now

Ince Charlota: Luar biasa...generasi penerus yang patut di beri penghargaan

Djamal Djafar: Undang ke Istana

Sonya Adulanu: Sedih dan haru lihat kejadian yg tdk terduga. ini cerita yg bersejarah...hebat anak putih biru...sepatutx diberi penghargaan oleh pemerintah

Haris Zakaria: Kalau anak ini yang maju presiden saya pilih dia..nyawapun saya akan serahkan bela anak ini..pejuang yang iklas

Martha Rambu Dewi: Anak berjiwa kesatria sejati tanpa di minta dia tau apa yg seharusnya dia lakukan
Anak indonesia Hebaaat

Ifanny Oliva: Luar biasa seorang anak bangsa yg sungguh mencintai NKRI

Pedro Nahak: Puji Tuhan Yesus dan Bunda maria

Yolandh Febru: Salut, bangga dan terharu, air mata menetess.. Kamu hebat dek... Pantas pemerintah memperhatikan masa depanmu...

Purnawan: Itu yang namanya berjuang untuk Indonesia

Emon Putra Wuji: Anak bngsa

Yunius Koi: Asa Bangga sebagai orang perbatasan. Patut dapat hadiah dan perhatian...patriot sang cilik pada dirgahayu 73 RI di tepian negeri.

Dyanike Hardyanti: Terharu 😢😢 Tuhan memberkati dek 😇

Hildegard Yanti: Paji Jera Anak NTT anak Indonesia yg hebat

Jani Dya: Tuhan punya cara tersendiri ..majulah Indonesia ku

Arther Mohede: Anak bangsa yg tanggap dan tangguh luar biasa...TYM 👍🇮🇩

Yosti Meol: Luar biasa perlu kita bagikan sebanyak banyaknya...ini sperti pejuang pd tahun 45...hebat...

Meery Charles: Trimakasi anak bangsa...sikap PATRIOTMU membuatku bangga padamu Berkibarlah benderaku jayalah negeriku…Lihat Lainnya

Joes Syafiq Mlz: Terharu....merdeka.....bangsa ku berbeda- beda tapi tetap satu.

Herlina Eryani Notanubun: Anak pejuang dan pantang menyerah.

Om Theo Labi Popeth: Negara perlu mengapresiasi anak bangsa ini. Hormat.

Anton Laan: Luar biasa..Sang Pejuang...salut...👍👍👍👍

Umbu Karoka: Pejuang mempertahankan merah putih utk di kibarkan ,anak ini pantas mendapat tanda jasa

Veby Pattikawa: A little hero.... Jaya Indonesia slalu.. skali merdeka tetap merdeka💐💐

Irwin Winter Luan: Demi Merah Putih tetap berkibar segala resiko diabaikan,Salut!!

Nova Miracle Muntu: Untu Anak Hebaaaatt berani..
Wahh Bentar lagi di undang di TV

Syaifuddin Ahmed: Kalo boleh anak yg manjat tiang bendera tadi direkrut jadi tentara,karena dalam sanubarinya sudah tertanam cinta tanah air dan jiwa pejuang taguh, salam merdeka

Siska Sitorus: Layak dapat penghargaan , aku yg nonton ampe Degdeg an luar biasa takut jtoh 🙈. Generasi yg berani salut 👍👍👍👍 calon2 angkatan 🙏

Erni Wea: Sangat yakin dan sangat berani....itu semua karena cinta dan ketulusann....luar biasa kamu sayangg

Nyong Madrid: Generasi punya mental yg kuat dan pemberani,, Jayalah Indonesiaku dan tak tergoyahkan. MERDEKA

Iin Alifah: Sngat mngharukan. Para pahlawan kita gugur mempertahankan sangsaka merah putu. Tapi boca ini memiliki jiwa patriot. Mengorbankan jiwa raganya dmi sangsaka merah putih. Bocah ini perlu diberi penghargaan trima kasih anak bangsaku. Merdeka.....

Carlosagung: Terlalu hebat ini adalah bukti cinta terhadap tanah air slamat buat adek ini.

Ajier Mhaulana: Tunggu sj dek...pasti video in sdh di tonton pak presiden!!

Fansi Sastro: NKRI HARGA MATI💪💪

Ganter Maxii: Merdeka. Anak bangsa tda takut mati, Jaya slalu indonesiaku.

Froby Dake Matangkin: Merinding aku melihatnya... betapa besar jasamu adik. 🇮🇩🇮🇩MERDEKA🇮🇩🇮🇩

Mery Adoemanna: Terharu sekali ketika melihat anak ini panjat tiang bendera ini lah yg di katakan generasi pejuang

IG Zogara: Luar biasa seorg Anak yg Nekad Dan Berani
Semoga menjadi salah satu pengurus Bangsa Indonesia Di waktu yg Akan Datang

J Esa Aditiya: Tidak berpikir resiko yang ada dibenaknya "Membuat sesuatu untuk bendera merah putih tetap berkibar"
#DirgahayuIndonesia #73

Monche Manikari: Kamu lah pahlawan perbatasan yg berjiwa kesatria nak. Salut buat kamu nak. Merdeka

Maulana Hasan: Bendera itu harus berkibar sekali pun nyawa jadi taruhan'a salut boy

Yustina Thenu: Perlu ksh penghargaan buat adik ini

Ratna Indra: Bikin ku nangis dgn perjuangannya memnjat tiang bndera

Uzthon Pat: Hero bsar jasamu pahlawan kcil..,buat sluruh indonesia bangga. Truslh blajar brjuang mraih cta-ctamu.
Merdeka...

Vetty Kenaru: Terharu sekali melihat peristiwa ini, kami bangga dek tanpa engkau entah apa jadinya.

Wara Sabon Dominikus: Sungguh pemberani dan patriot jiwanya si anak jony ini...shgga merah putih bisa berkibar di perbatasan RI-TL. Patut diberi penghargaan yg pantas.... Pahlawan cilik...

Golden Salad: Pahlawan yg sejati, tanpa mengenal resiko, salut nak, seharusnya pemerintah ksh beasiswa lah sama anak ini

Govesoe: Luar biasa #itulah semangat kemerdekaan#NKRI harga Mati.#halkeciljgndiprovokasi#

Gunawan Eka Darma: Banyak yang bisa, hanya sedikit yg mau,
Sedikit yg mau hanya kamu dek yg berani.
Trimakasih dari negeri ini.

Erasmus Weni: Mohon bantuannya .. bisakah saya dapatkan Nama Anak tersebut dan Nama Sekolah serta alamat lengkapnya?

Nhy Amnifu: Namanya Yohanis . Biasa dipanggil Jhoni . Dari SMP Silawan . Dia tinggal Di Desa Silawan

Erasmus Weni: Nhy Amnifu ada nomor kontak yang bisa dihubungi?.. terima kasih sebelumnya.. karena anak ini perlu mendapat apresiasi

Vinsensia Daimun: Terharu anak .....Sungguh Cinta Tanah Air

Waty Hokeng: Mantap itu anak indinesia yg setiapd kemerdekaan RI?

ALdyno Fatur Farizal: Jasanya besar utk indonesia korbankan nyawa...klo putus tiangnya dia akan jatuh dr ketinggi....bisa dibayangkan...

Linda Ivana Umboh: Semoga kelak kamu menjadi pemimpin NKRI nak

Anugrah Lala Sabba: Menangis saya

Maria Ina Kana: Sampe terharu 👍👍

Anugrah Lala Sabba: Org kota mana berani Panjat.Ana2 pedesaan mmg Berani salut Cahaya dr Timur

Roza Tania Tanwir: Terharuuu... Semoga kelak menjadi org hebat ya anak pemberani ❤️🇲🇨

Ankef Mhaarfiind Sevenlind: Wow,penerus bangsa yg sejati.....i2 adlh anak xg berbakti pd bangsa dan negara.....

Ance Ancesinah: Hrs di prhatikan khusus anak ini pejuang salah satu pahlawan. Sadar atau tidak anak ini utusan Tuhan

Arisandi Muhammad: Malu pada diri sendiri😢😭

Paulina Kaka Bylla: 😭😭Sedih, terharu, aku bangga pda mu Nak 💪💪💪

Gim Mao Enjoy: Aku tak terasa sampai nangis mebontonmu Nak

Jemi Koly: Roh Tuhan Ada pada anaknya!! Luar biasa!

Solfie Sumba: Calon TNI harga mati,klo pemerintah ngk dukung anak ini, sy kecewa dgn mereka,lihatlah perjuangan nya ngk takut jatuh.

Yanse Mone: Hebat kamu adek syg...hax sj kejadian seperti ini jgn terjdi lagi

Milano Luar: Biasa ade, jiwa pejuang mengalir dlm darahmu. Smoga pemerintah memperhatikan masa depanmu. Smoga jadi KOPASUS.

Melky Mandala: Luar biasa Ade ,perjuangan mu tida boleh di lupakan ole pemerintah ,

Martin Ragy: Luar biasa. Anak Yohanes siswa kelas VII SMP Silawan.

Chaddy Titi: Luar biasa.....salut....sukses selalu utk masa depanmu Nak!!!!

Gotha Thomason Aquino: Luar biasa...harus diberi penghargaan buat pahlawan kecil...

Embo Honin: Asik nonton sampe air mata jatuh

Lucy Aritonang: Mohon persiapan & check n richeck lbh hati2 lg, ini peristiwa penting buat bangsa spy di masa yad tdk tjd lg.
Terima kasih adik yg sdh menolong

Nir Bako Pas: Jasamu wajip diigat nak tlg lah untuk pemerintah memperhatikan anak ini merdeka nak

Elisabeth L'a: Waaa luar biasa hatinya anak ini dan semangatnya, keberaniannya sungguh diberi jempol dan penghargaan. Sekedar masukan bagi penyelenggara agar lebih telitih mengecek semua peralatan sblom acara dimulai agar gak terjadi hal sprti ini apa lg ini adalah acara sangat sakral kita memperingati hari kemerdekaan kita. Mohon maaf jika ada salah2 kata dr saya 🙏🙏

Ocha Rahamitu: Adek ini hrs dpt penghargaan atas aksi heroiknya menyelamatkan prosesi pengibaran bendera. Sekolah gratis sampai SMA lanjut akademi militer begitu kah...

Tonner R R Rondo: Luar biasa ini akan menjadi sejarah selama 73 tahun.

Demi Kibarkan Merah Putih

Mengutip dari Pos Kupang.com, VIDEO VIRAL, Pelajar SMP di Perbatasan RI-RDTL Rela Panjat Tiang Bendera Demi Kibarkan Bendera Merah Putih.

Aksi Panjat Tiang Bendera oleh pelajar SMP di Kabupaten Belu Perbatasan RI-RDTL ini bikin merinding dan patut mendapat apresiasi setinggi-tingginya.

Aksi Bocah Panjat Tiang Bendera ini terjadi saat upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT ke-73 RI di Motaain, Seda Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Jumat (17/8/2018).

Betapa tidak, ketika semua peserta upacara bendera  sudah tegang dan pasrah karena tali bendera terlepas dan tersangkut di ujung atas tiang bendera, bocah laki-laki berseragam SMP ini memberanikan diri memanjat tiang bendera setinggi belasan meter.

Berkat usahanya, akhirnya ujung tali bisa didapatkan di ujung tiang bendera. Tepuk tangan mmembahana menyaksikan kasi nekat bocah ini.

Detik-detik bocah ini direkam oleh salah satu peserta upacara bendera lalu diposting di facebook oleh akun Ika Silalahi disertakan sebuah foto lain yakni foto Inspektur upacara yang juga adalah Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan beserta bocah itu.

Meski baru dua jam diposting akun Ika Silalahi, postingan ini sudah mendapat 2.229 like dan dikomentari 60 netizen serta sudah 19.497 kali dibagikan.

Dalam video berdurasi hampir dua menit ini, sang bocah sempat berhenti saat sudah berada di tengah tiang, sempat terdengar ada permintaan melalui pengeras suara agar sang bocah turun. Namun sang bocah tetap melanjutkan memanjat, hingga akhirnya tiba di puncak dan berhasil membawa turun ujung tali.

Terdengar suara tegang dari seseorang yang diduga perekam video ini karena merinding menyaksikan aksi sang bocah.

Dalam postingan ini, Akun Ika Silalahi juga menambahkan caption, Jangan pernah anggap dirimu kecil dan tidak berguna. Anak kecil dari Atambua ini memanjat tiang bendera untuk mengambil bagian tali yang terlepas saat bendera dibentangkan.

Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!!

Dirgahayu negeriku.


Netizen Terharu dan Puji Keberanian Bocah

Netizen yang menonton video ini ada yang merinding, ada yang memuji keberanian sang bocah. Ada juga yang bertanya siapa nama bocah tersebut.

Menurut beberapa netizen, bocah ini adalah pahlawan sesungguhnya dan patut mendapat apresiasi dari pemerintah.
Print Screen Aksi heroik bocah panjat tiang bendera demi kibarkan bendera merah putih di Motaain, Kabupaten Belu. FB Ika Silalahi

Berikut beberapa komentar netizen menanggapi postingan akun Ika Silalahi:

Marthina Berliana Sitorus: Keren banget inang adek itu.. ????
Dirgaharu negriku.. ??

Ika Silalahi: Kami pikir bendera akan dilipat, lalu datang adik ini. Pahlawan dia.

Marthina Berliana Sitorus: Luar biasa semangat dan perjuangan adik ini. Salam buat adik kita ini ya inang.

Christy Manalu: Merindinggg ika. Dirgahayu!! ??

Ika Silalahi: Kami banyak yg nangis terharu kak..

Christy Manalu Ika Silalahi ??????

Nikson Siregar: Hebat inang, langsung inang lihat? Ikut upacara? Dia jd pahlawan.

Ika Silalahi: Refleks saya rekam,amang. Kami upacara di Motaain, perbatasan RI-TL.

Nikson Siregar: Ika Silalahi salut inang buat anak tsbt. Semoga dpt perhatian dr Pemda Setempat.

Bosmen Halomoan Silalahi: Luarbiasa

Ika Silalahi: Pahlawan dia, bang.

Vincentia Yuvenca: Merindiingg... keren lah. Salam hormat ??

Ika Silalahi: Hebat ya vin..

Vincentia Yuvenca: Iyaa kak, terharu. Sesdilu ke Atambua ya kak?

Inne Isak: Ika selamat bertugas..untung aku tidak ada disana bisa banjir airmata nanti??..lihat video ini saja sudah meneteskan airmata haru... salam merdeka dari kami di sini untuk anak anak di perbatasan...?????

Ika Silalahi: Disini juga banjir airmata ne.. Terharu

Inne Isak: aku ijin share postingan ika bolehkah?

Haris Jon: Mantab kak , Merdeka

Ika Silalahi: Merdeka

Era Widina Silalahi: Anak yang hebat, kuat, pemberani dan luar biasa..

Ika Silalahi: Padahal sdh disuruh turun sm pak Wakil Bupati.. Tp dia tetap naik.

LiDya Anata Roesly Hutagaol: Ikaaaa, aku nontonnya aja udah basah nih mata. Apalagi kalau di sana ya. Diberkatilah anak hebat itu. Salam sayang buat anak2 di perbatasan

LiDya Anata Roesly Hutagaol: Ika Silalahi mauliate banyak Inang. Selamat bertugas yaa

Desmoon King Romalo Hutagaol: Terharuuuuu

Revin Silalahi: Terharu aku dek merdeka

Louise Heni Arie: My goodness me. . He so brave

Relisma Rajagukguk: Terharu.....merinding...tak terasa tetesan air mata...luar biasa....MERDEKA

Sitta Hutagaol: Semangat ...MERDEKA

Zepi Yuli Pardede: Saluttt bangett.. demi Merah Putih.. NKRI harga mati ya nak..

Jendriko-Dina Silalahi: Share ya..

Herta Rediati Tobing Terharu melihat nya...????????

Darmawan Hadi: Viralkan!!!

Darmawan Hadi: Ika Silalahi ga bisa dishare kah?

Lambok Harnata Simanjuntak: Keren kau ito bah. Makasih postingannya

CT Daud :Keren banget, Ika...ampe manjat setinggi ituuu..aku share yaaa

Ika Silalahi: Pdhl sdh disuruh turun sm pak wabup. Tp dia ttp naik. Bbrp kali berhenti, tp terus dia selesaikan. Silahkan share Tiz..

Nai Dealova: Merdeka...????????

Meitha Andrea: Anak buah Romo Chellso Julius kah ini dr Atambua? Heheeh

Robin Nainggolan: Bu Ika, ini di Kabupaten mana?

Boleh tau nama anak itu dan Wabupnya?

Conny Purnama Manurung: Sekarang penempatan disana ka?aku dulu di kefa

Ika Silalahi: Kami seminggu saja, community service.

Nando Pasuta: Huaaa terharu... Kamulah pahlawan masa kini dek....

Good Father Sitanggang: Saking terharunya air matapun menetes.
Masih anak2 sudah berjiwa pahlawan.
Salam MERDEKA buatMu saudaraku.…Lihat Lainnya

Leosamosir: Kolo aku kepseknya Disitu pasti kasi penghargaan yg luar Biasa ama siadek itu

Esnar Hutapea: Terharu .. Merdeka

Yusuf Bande: Merdeka...NKRI harga mati...

Elis Marpaung: Keren & jadi terharu ... merdekaaaa

Friska Simanjuntak: Merdeka

Stefanus Windarhariadi: Terharu, anak Indonesia Timur yang sering dimarjinalisasi dianggap tidak penting atau kafir malah lebih setia kepada Indonesia daripada mereka yang sering berteriak kafir dan mengibarkan bendera negara lain atau malah bendera organisasi teroris.

Eduard Siahaan: Terharu liat nya...Pahlawan dr Atambua

Saurma Samosir: Semangatnya patut di tiru

Trofiansi Roliand Dalero: Proud of you nak... sekolah baik2 ya.. bangun negrimu. Semoga pemerintah semkin memajukan dan memberi kemudahan bagi pendidikan anak2 Atambua.

Sihombing Rahmi: Luar biasa

Sevri Naldi Purba: Rela mengorbankan jiwa demi merah putih.
Salud,berani naik tanpa bantuan alat pengaman.
Ini baru jiwa pahlawan.

Sanni Togatorop: Ijin share

Tri Wahono: Salut dan terharu. Mohon izin share dan buat materi video Opini.id bolehkah?

Elly Purnamaria: Terharu.....

Tohommn Naipospos: Izin share.

(Asenk Lee Saragih)

Tidak ada komentar: