Rabu, 24 Februari 2016

Minimarket di Jambi Sudah Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

 



Warga menunjukkan kantong belanja saat kampanye #Pay4Plastic dalam Gerakan Indonesia Diet Plastik, di Bandung.Google.
Jambipos Online, Kota Jambi-Sejumlah Minimarket merek Alfa Mart dan Indomaret di Jambi sudah memberlakukan kantong plastik berbayar sejak Minggu (21/2/2016) malam. Konsumen menerima kebijakan itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup. Namun surat edaran itu justru ditolak oleh Walikota Jambi Sy Fasha.

Derlina, (34) seorang warga Jelutung Kota Jambi kepada Jambipos Online, Selasa (23/2/2016) mengatakan, kebijakan kantong plastik berbayar sudah diberlakukan di Alfa Mart dan Indomaret. Namun di minimarket lokal belum ada diberlakukan sesuai dengan surat edaran itu.
“Saya Minggu malam belanja di Alfa Mart Jelutung Jambi, saya sudah diberlakukan plastik berbayar dengan harga Rp 200. Saya diberitahukan oleh kasirnya. Jadi saya terima saja kebijakan itu,” ujar derlina.
Terpisah, Walikota Jambi Sy Fasha menanggapi edaran kementerian lingkungan hidup tentang penggunaan kantong plastik berbayar. Dia menyatakan keberatan dengan putusan tersebut.
Kata Fasha, putusan menggunakan kantong plastik berbayar memang belum ditindaklanjuti di Kota Jambi. Dia masih mau memantau respon masyarakat terkait penggunaan kantong plastik berbayar tersebut.
“Kalau bisa jangan berbayar, silahkan kementerian larang saja penggunaan kantong plastik," katanya. Dia mengatakan kantong plastik ini sangat memberatkan masyarakat. Makanya dia akan minta kementerian lingkungan hidup untuk meninjau ulang putusan ini. (Lee)

Tidak ada komentar: