Jumat, 29 Mei 2015

HBA: Saya Maju Periode Kedua Karena Dorongan Masyrakat

Gubernur Jambi HBA
Gubernur Jambi HBA Mengaku Kerja Fokus untuk Rakyat Kecil

JAMBI, MR-Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus menyatakan bahwa pengalaman hidupnya yang dimulai dengan keprihatinan membuatnya memfokuskan program kerjanya bagi kehidupan rakyat kecil.  

Pernyataan ITU disampaikan hba dalam dialog dengan salah satu televisi lokal Jambi dalam dalam program 60 menit bersama HBA bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (19/5/15) lalu.
Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, program Satu Milyar Satu Kecamatan (Samisake) merupakan program unggulan Provinsi Jambi demi pengentasan rakyat miskin. 

Sasaran pembangunan Samisake guna menuntaskan masyarakat yang sangat miskin di Jambi sebanyak 34180 Kepala Keluarga (KK). “Kehidupan saya yang sulit, bagaimana saya harus berjuang terutama untuk meraih pendidikan dimana saya sekolah sambil bekerja membuat diri saya berpikir bagaimana saya dapat membangun dan membantu masyarakat Provinsi Jambi, terutama masyarakat yang miskin. Untuk makan saja susah apalagi untuk mengenyam pendidikan. Untuk itu dalam program Samisake selain bedah rumah kita programkan beasis wa mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi,” kata HBA.


Gubernur Jambi juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan harus dilakukan dengan ikhlas demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya memang dituntut dan diminta masyarakat untuk memberi pelayanan. Saya sadar untuk itu, tapi yang jelas hati saya betul-betul ikhlas melaksanakan tugas pemerintahan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi kedepan. Sebenarnya saya tidak ingin menjadi Gubernur Jambi untuk periode kedua tetapi dengan dorongan masyarakat yang menginginkan saya maju kembali, maka saya kembali mencalon kan diri,” katanya.

Masa Kecil HBA

Pada awal perbincangan Gubernur  Jambi HBA memberikan dengan rinci siapa dirinya dan bagaimana masa kecilnya serta perjuangannya dalam meniti karir. 

HBA lahir di Sungai Abang, Sarolangun 31 Desember 1953, beristrikan Yusniana seorang mantan perawat Rumah Sakit Umum Daerah Jambi. “Sebenarnya tanggal 31 Desember bukan tepat tanggal kelahirannya. Saya juga tidak tahu kapan tepatnya tanggal kelahiran saya. Tanggal itu dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku hanya tahunnya yang tepat,” jelasnya.

Anak sulung dari pasangan H. Agus. D dan Hj Mo’ah dalam mengenyam pendidikan dasar (SD) tahun 1969. Hasan panggilan akrabnya di kampung adalah anak pertama dari 10 bersaudara.

Dengan kopiah kesayangannya Hasan Basri Agus kecil selalu rajin membantu orang tuanya . Bahkan menjaga adik-adiknya. Sepulang sekolah beliau memasak nasi, mengangkat air sampai ketika Ayah dan Ibunya pulang dari kebun.

“Sejak kecil saya memang diberitanggungjawab oleh orang tua dan saya sudah bisa memasak nasi sejak kelas 4 SD, kenangnya.

Sikap kepemimpinan sudah beliau tampakan sejak kecil dan ini memberi arti tersendiri pada keluarganya. Tidak cukup sampai disitu, diam-diam Hasan berkeinginan kuatu ntuk melanjutkan sekolahnya di Kota Jambi.

Keinginannya untuk maju itu cukup jarang dimiliki oleh anak- anak sebayanya di kampung halaman. Keinginannnya untuk mendalami ilmu agama, sehingga tahun 1975 HBA masuk ke Madrasah Tsanawiyah As’ad Olak Kemang seberang Kota Jambi.

Pagi, siang, sore dan malam ia habiskan menuntut ilmu agama. Dengan menempati pondok dari bambu yang berukuran 3x3m yang berada di pulau kecil (daratan kecil pinggir Sungai Batanghari) dimana sekolah As’ad dan posisi pondok dipisahkan oleh sungai kecil, namun Hasan tetap bersemangat belajar bahkan menjadi ketua kelas.

“Saya memang sangat bersemangat untuk sekolah dan saya tidak pernah membolos karena bagi saya pendidikan itu sangat penting dalam kehidupan kita. Dan saya sangat berterimakasih kepada orang tua, keluarga yang telah mendukung saya sepenuhnya,” kata HBA mengakhiri. (Lee).(BACA EDISI CETAKNYA DI MEDIA REGIONAL JAMBI EDISI 90)

Tidak ada komentar: