Kamis, 16 April 2015

Pemda Daerah Diharapkan Sebagai Garda Terdepan Atasi Bencana


JAMBI-Pemerintah kabupaten/kota diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi serta menanggulangi bencana yang terjadi baik bencana alam maupun bencana lainnya akibat kelalaian masyarakat.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Ridham Priskap pada Rakor Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Tahun 2015 yang berlangsung di  Bappeda Provinsi Jambi, Rabu (15/4). “Kabupaten garda terdepan mengatasi bencana,” ujar Sekda.


Indikasi akan terjadinya bencana disetiap daerah menjadi penekanan Sekda, agar kewaspadaan serta kesiap siagaan petugas selalu terjaga, bencana yang timbul dengan tindakan pencegahan yang cepat menjadi harapan dalam meminimalisir dampak buruk bencana.

"Pemprov bantu sepenuhnya sarana dan prasarana juga sumber daya manusia," jelas Sekda.
Bencana menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Jambi, Sekda menegaskan pembagian kewenangan  serta kejelasan kerja sangat diperlukan dalam menanggulangi bencana,"Buat SOP dan Pergub,kita buat suatu batasan kewenangan," kata Sekda.

Batasan kewenangan dan pembagian kerja dijelaskan Sekda tidak membatasi dalam menanggulangi bencana melainkan menjadi acuan agar tidak terjadi kekeliruan maupun kesalahan dalam menanggulangi bencana,"Prinsipnya kita semua ikut membantu di back up TNI Polri,SAR,serta aparat terkait  jika terjadi suatu bencana," urai Sekda.

Mengenai daerah Jambi yang sering mengalami bencana banjir ditambah dengan banyaknya pemukiman warga disepanjang aliran sungai juga kultur masyarakat yang membuka lahan dengan membakar, Sekda meminta pihak BPBD maupun aparat terkait melakukan sosialisasi mengenai masalah tersebut,"Sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya membakar lahan, apalagi tahun ini kita sudah embarkasi antara berangkat haji yang dikhawatirkan dapat mengganggu penerbangan," kata Sekda.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi Arif Munandar menyampaikan rakor bertujuan mensinergikan penanggulangan bencana antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Merumus hasil rapat untuk mengantisipasi serta menanggulangi bencana," kata Kepala BPBD.
Rakor dihadiri unsur Forkompinda dengan 74 peserta rakor dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. (Lee)

Tidak ada komentar: