Minggu, 05 April 2015

Kadin Diminta Jangan Hanya Mengejar Proyek

KADIN
Berikan Efek Pembangunan Jambi

JAMBI-Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Jambi diminta untuk tidak hanya mengejar-ngejar proyek yang ada di pemerintahan. Namun Kadin juga harus bisa memberikan efek pertumbuhan ekonomi masyarakat Provinsi Jambi dari sektor lain. Kadin juga diharapkan sebagai partner pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi Jambi dengan meningkatkan kreatifitas dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) saat melantik pengurus KADIN Provinsi Jambi periode 2014-2019. Hadir pada acara ini Ketua KADIN Indonesia Suryo Bambang Sulistyo, Forkompimda Provinsi Jambi, Anggota DPR RI H.Bakri , Ketua KADIN Provinsi Jambi terpilih Jefri Amas Hutagalung. Pelantikan dilasanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur, Kamis (2/4) lalu.


Kata HBA, KADIN diharapkan mampu menciptakan upaya percepatan pertumbuhan Provinsi Jambi. “Saya berpesan ciptakankah upaya-upaya percepatan pertumbuhan ekonomi. Banyak potensi daerah yang dapat dikembangkan. Kita punya minyak, gas, batu bara, emas, kita punya kopi, pinang ,sawit,karet dan cukup banyak yang lainnya,” kata HBA.

“Masyarakat kita ini bekerja di sektor perkebunan. Oleh sebab itu inovasi dan kretifitas sebagai kamar dagang untuk menciptakan dan mengupayakan peningkatan ekonomi kita. Jangan hanya berpikir untuk mengejar proyek-proyek yang ada ini. Kue hanya sedikit dan semua berebut. Seperti setiap tahun diperebutkan tetapi ciptakanlah tertutama dalam rangka membuka lapangan pekerjaan. Untuk terus berpikir memajukan ekonomi ke depan,” katanya.

Disebutkan, pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan dan dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pengusaha dimana sekarang pelayanan satun atap baik di Kabupaten/kota. “Saya tidak pernah lagi menandatangani ijin sehingga sekarang tidak ada lagi kesulitan. Sehingga seperti pemerintah pusat kita diharapkan dapat bekerja secara cepat dan tepat,” kata HBA.

Dinamika yang ada diharapkan Kadin Provinsi Jambi dapat terus meningkatakan motivasi untuk memajukan lagi KADIN di masa yang akan datang. Kata HBA, khusus Provinsi Jambi dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dimana di tingkat Sumatera menempati posisi pertama sedangkan untuk tingkat nasional Provinsi Jambi menempati posisi kedua setelah Sulawesi Barat. “Tapi itu saja tidak cukup untuk memajukan daerah. Masih banyak usaha yang harus kita lakukan untuk memajukan daerah kita,” jelas HBA.

Gubernur Jambi HBA menambahkan, bahwa Kadin sebagai patner pemerintah yang selama ini saling mendukung dan diharapkan secara bersama membangun Provinsi Jambi. “Dan untuk membangun ini banyak yang harus kita persiapkan. Kita bersama berusaha bagaimana pelabuhan Ujung Samudera bisa diwujudkan,” katanya.

Sementara Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulistyo menyatakan bahwa saat ini KADIN dihadapkan pada tantangan ekonomi Indonesia dan dunia yang tidak cukup baik. “Namun dibalik tantangan tersebut ada peluang yang luar biasa. Untuk itu diperlukan upaya yang reformatif untuk meraih peluang tersebut. Diantaranya adalah sinergitas dan kebersamaan dengan pemerintah dalam membangun ekonomi di Provinsi Jambi. Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana pemerintah harus mendukung dan membantu pengusaha sedangkan pengusaha berupaya membuat peluang bagi masyarakat untuk bekerja,” kata Suryo Bambang Sulistyo.

Sedangkan Ketua KADIN Provinsi Jambi Jefri Amas Hutagalung menyatakan bahwa KADIN dibawah kepemimpinannya siap tidak siap harus mampu merealisasikan pengembangan modal asing dan modal dalam negeri dengan bersinergitas dengan pemerintah baik di bidang pendidikan, ekonomi. Dan diharapkan dengan dibangunnya kawasan Ujung JAbung akan meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi. (Lee)

Tidak ada komentar: