Selasa, 03 Maret 2015

Sekda Tegaskan Perawat Harus Profesional


JAMBI-Sekda Provinsi Jambi H Ridham Priskap menegaskan perawat harus dituntut profesional, bermutu dan bermoral dalam melaksanakan tugas keperawatan. Hal itu agar mampu bersaing dengan perawat dari negara luar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Sekda juga mengingtakan perawat meningkatkan kemampuan,etika dan sopan santun.


Hal itu dikatakan Ridham Priskap saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Jambi Periode 2014-2019 serta membuka Seminar Nasional Keperawatan di Hotel Novita, Sabtu (28/2). 

Disebutkan, tugas seorang perawat sangat berkaitan dengan pelayanan yang membutuhkan kemampuan komunikasi   serta sikap yang mampu membantu pasien untuk sembuh lebih awal. “Perawat yang ramah dan santun sangat membantu pasien," tegas Sekda.

Namun, pengetahuan medis sangat mutlak dikuasai perawat agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan bantuan tindakan medis keperawatan. “Pelayanan yang memiliki kompetensi, kewenangan, etik dan bermoral,” kata Ridham Priskap.

Adanya sistem mutual recogninition agreement mengenai jasa keperawatan di kawasan Asia Tenggara, Ketua Umum PPNI Dewi Irawati mengingatkan perawat dari negara asing bisa  masuk dan bekerja di Indonesia dan sebaliknya perawat Indonesia dapat bekerja di negara luar  selagi memiliki kemampuan yang dapat diandalkan.

"Perawat menjadi bagian dari organisasi dunia," kata Dewi.

Implikasi UU Keperawatan (UU No. 38 Tahun 2014  Terhadap Pendidikan Keperawatan, pengembangan Keprofesian perawat, praktek dan pelayanan keperawatan serta Akreditasi Rumah Sakit Indonesia menjadi pembahasan yang sangat penting mengingat posisi perawat Indonesia khususnya Jambi harus mampu meningkatkan daya saing.

“Keeksistensian(keberadaan) kita harus terjaga dengan terus meningkatkan kemampuan,"tegas Dewi.
Pengurus Provinsi PPNI Jambi periode 2014-2019 dengan  Ketua H. Muhammad Safrizal, Ketua I. H. Abdul Somad dan Ketua II Muhammad Syir akan menjalankan tugas sebagai wadah meningkatkan profesionalitas perawat dengan meningkatkan aspek kepribadian sebagai penunjang tugas perawat.

Acara seminar juga dihadiri Sekjen PPNI pusat Harif Fadilah, serta pihak terkait dengan dunia keperawatan.(lee)

Tidak ada komentar: