Kamis, 07 Agustus 2014

Menguji Kosasih Dipilbup Tanjabar


DIGADANGKAN: Drs H Kosasih, digadang-gadangkan masyarakat di lima kecamatan di Tanjabbar untuk maju sebagai bakal calon Bupati Tanjabbar periode mendatang.ANDRI DAMANIK/HARIAN JAMBI



BAKAL CALON BUPATI


Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Tanjab Barat setahun lagi, namun sejumlah nama bakal calon bupati mulai bermunculan. Bursa bakal calon sudah yang yang secara malu-malu mulai muncul dan ada juga yang secara terbuka. Pertarungan di Pilkada Tanjabar tahun 2015 mendatang bakal seru, karena bakal muncul kandidat-kandidat usia muda.

ANDRI DAMANIK, Kualatungkal


Bakal calon yang kini muncul adalah Sekda Tanjab Barat, Mukhlis M Si, Kadispenda Tanjabbar Mukri, bahkan terakhir Kadis Perindag Proda Tanjabbar, Drs Kosasih juga digadang-gadangkan untuk maju menuju BH 1 EZ.

Dukungan terhadap Kosasih terus bergulir, mulai dari masyarakat Purwodadi, Kecamatang Tebing Tinggi, Kecamatan Muara Papalik, Kecamatan Merlung hingga Kecamatan Senyerang.

Tokoh masyarakat Desa Purwodadi, Dasiran kepada Harian Jambi mengatakan dukungannya terhadap Kosasih. Kata dia, masyarakat di Purwodadi sepakat mendukung Kosasih maju pada pada pilkada mendatang.

Menurut dia, sosok Kosasih sudah tidak asing lagi di Desa Purwodadi, lantaran sering berkunjung dan berbaur dengan masyarakat setempat.

“Menurut kami, Kosasih pantas untuk maju sebagai calon bupati. Saat ini kami membutuhkan pemimpin yang tegas dan berwibawa,” kata mantan Kades Purwodadi ini.

Begitu juga dengan Edi Suwarno, tokoh masyarakat Kecamatan Muara Papalik. Dirinya bersama masyarakat setempat juga sepakat mendukung Kosasih mencalon sebagai Bupati Tanjabbar.

“Kami teringat, sewaktu Kosasih menjabat Camat Merlung pada tahun 2000 hingga 2003 lalu, semua urusan birokrasi tidak dipersulit. Itu yang membuat kami mendukung beliau. Disamping itu, Kosasih juga senang blusukan ke masyarakat,”tandasnya.

“Wajar saja, saat Kosasih dipindahkan dari jabatannya sebagai Camat Merlung 10 tahun lalu, sempat terjadi aksi demonstrasi dari masyarakat. Hal ini menunjukkan masyarakat Merlung masih membutuhkan Kosasih sebagai camat saat itu,” katanya lagi.

Selain dukungan terhadap Kosasih juga berdatangan dari kalangan pemuda Sungai Landak, Kecamatan Senyerang. Perwakilan pemuda Sungai Landak, Heru bertekad memenangkan Kosasih pada Pilbup mendatang.

“Latar belakang beliau dari orang birokrat. Sudah pasti mengerti menata pemerintahan.Selama Menjadi PNS tidak pernah terdengar catatan buruk tentangnya,” tutur Heru.

Tak hanya itu, pemuda Jalan Bengkinang, Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir juga tak mau kalah. Mereka juga sepakat memenangkan Kosasih pada Pilbup 2015 mendatang. Hal ini disampaikan Korlin, Ketua Pemuda Jalan Bengkinang, kepada Harian Jambi kemarin.

Informasi yang dihimpun Harian Jambi, tokoh-tokoh bakal calon bupati mulai bermunculan. Selain tiga nama di atas, Hasan Basri Agus juga digadang-gadangkan maju sebagai Bakal Calon Bupati Tanjabbar. Tak asing lagi, Safrial, mantan Bupati periode sebelumnya, juga dikabarkan maju kembali.

Tokoh lainnya, Khailani SH M Hum, Asisten Pemerintahan Provinsi Jambi diisukan siap maju pada Pilbup mendatang. Sementara itu, Wakil Bupati Tanjabbar, Katamso, juga masih ragu-ragu untuk menyatakan sikap untuk maju sebagai bakal calon Bupati Tanjabbar pada periode 2015-2020.(nik/lee)

Tidak ada komentar: