Selasa, 12 Agustus 2014

Kartu Kredit Pakai PIN, Tak Ada Lagi Tanda Tangan Palsu


Jakarta-PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memilih lebih dulu menerapkan Personal Identification Number (PIN) pada kartu kredit. Bank pelat merah tersebut telah mewajibkan nasabah menggunakan 6 digit PIN dalam bertransaksi.
Vice President Consumer Cards Group Bank Mandiri Boyke Yurista mengatakan pola edukasi kepada nasabah memang selalu dilakukan sampai dengan sekarang. Terutama untuk nasabah baru yang menganggap masih menggunakan tandatangan saat bertransaksi.
“Penggunaan PIN menambah sekuriti transaksi. Kalau transaksi kartu kredit di EDC sudah pakai PIN lebih gampang memastikan bahwa yang menggunakan kartu adalah yang bersangkutan,” katanya kepada detikFinance, Jumat lalu.

Kartu kredit memang sangat rentan terhadap tindakan kriminal bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Untuk itu dibuatkan sistem yang mampu mencegah terjadinya kerugian bagi nasabah.

Menurutnya, nasabah harus mengetahui tingkat kriminal untuk transaksi keuangan memiliki berbagai modus. Seperti melakukan duplikasi dan pemalsuan tanda tangan dari pemilik kartu.

“Ini bisa mengeliminasi kemungkinan crime yang pinter tiru bentuk tanda tangan," ujarnya.

Unsur nasabah, juga menjadi penting dalam mengawasi kartu yang dimilikinya. Karena memang tidak keseluruhan tindakan kriminal dapat dicegah oleh sistem, tanpa bantuan nasabahnya.
Kendala Saat Perubahan

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang telah menerapkan PIN pada kartu kredit. Meskipun sebenarnya, dari BI meminta hal ini diterapkan pada 1 Januari 2015 mendatang.

Boyke menuturkan dalam penerapan sejak 2008 tetap ada kendala yang dihadapi. Di antaranya adalah kekhawatiran pengguna kartu kredit yang lebih cenderung beralih transaksi ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Ada sedikit perasaan khawatir karena kalau nasabah familiar dengan PIN, nanti mereka malah seneng ke ATM," kata Boyke.

Sementara, menurut Boyke penggunaan ATM kurang aman dibandingkan dengan Electronic Data Capture (EDC) atau mesin alat pembayaran transaksi.
“ATM kurang secure bila dibandingkan EDC,” sebutnya.

Sebab secara teknis, EDC mampu membaca chip pada kartu kredit. Bila dilakukan di ATM, kemampuannya hanya sebatas membaca magnet pada kartu tersebut. 
“Karena yang dibaca adalah magnetic stripe-nya sementara di EDC yang dibaca chip-nya yang jauh lebih aman. Kira-kira gitu," tukasnya.(dtk/lee)


4 komentar:

Widya Okta mengatakan...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

AHMED.E mengatakan...



GLOBAL FUND FOUNDATION : PEMIMPIN DALAM LAYANAN KEUANGAN

GLOBAL FUND FOUNDATION adalah penyedia layanan keuangan berskala nasional, tetapi kami melihat diri kami sedikit lebih dari itu.

LEBIH DARI SEKEDAR PENYEDIA LANYANAN KAMI ADALAH MITRA ANDA
Untuk individu: Ketika datang ke pembiayaan, kami melampaui. Kami tidak hanya melihat angka-angka, kami membangun hubungan yang panjang dan berkelanjutan dengan klien kami. Pendekatan "pelanggan pertama" kami adalah alasan yang membuat pelanggan datang kembali.

Untuk bisnis: Kami melihat diri kami sebagai mitra bisnis Anda. Baik Anda memerlukan hipotek komersial untuk pembelian lahan baru atau uang muka kecil untuk memfasilitasi persyaratan arus kas Anda, kami adalah jaringan layanan keuangan yang masuk ke Kanada.

KAMI TAHU APA ITU MENGAMBIL.
Bank tidak melihat Anda apa adanya, mereka bekerja demi keuntungan dan memperlakukan Anda seperti komoditas perdagangan. Kami tahu apa yang diperlukan untuk membuat klien kami senang dan itulah sebabnya kami menjamin layanan VIP untuk semua pelamar kami. Lupakan janji dan jadwal perbankan yang tidak fleksibel; kami selalu tersedia dan siap membantu Anda.

KITA MENYELESAIkAN PEKERJAAN
Ada alasan mengapa klien kami terus datang kembali. Kami memiliki layanan pelanggan terbaik di negara ini, reputasi terbaik dan waktu perputaran tercepat. Kenapa pergi ke tempat lain?

KAMI MEMILIKI SEMUA KEUNGGULAN.
Volume, keahlian, layanan pelanggan, berbagai mitra pemberi pinjaman dan hubungan yang tak tertandingi: 5 persyaratan untuk tingkat persetujuan aplikasi tertinggi - semuanya dimanfaatkan hanya untuk Anda.

Setiap orang disambut untuk melakukan bisnis dengan kami, kami tidak keberatan dengan nilai kredit Anda, semua orang diperlakukan sama

GMAIL:: globalfundfoundation9@gmail.com

sama sama

Unknown mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk mengkomunikasikan kepada Anda semua tentang kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit nyata yang mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari kemiskinan menjadi orang kaya, yang sekarang hidup sehat dan kaya tanpa stres dan kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan ditipu dengan jumlah $ 3.470 USD, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke akun baru saya. teman - baru-baru ini mendapatkan pinjaman online, kami membahas masalah ini dan kesimpulan kami menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs.Endah, yang merupakan CEO RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS jadi saya meminta jumlah pinjaman ($ 60.000,00) dengan suku bunga rendah, jadi pinjaman yang mudah disetujui tanpa tekanan dan persiapan telah dibuat mengenai transfer kredit dan kurang dari empat (4) hari, pinjaman disetorkan ke Rekening bank saya, saya pikir itu adalah lelucon, sampai saya menerima panggilan dari bank saya yang akun saya miliki telah dikreditkan dengan $ 60,000.00 Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan saya pemberi pinjaman kredit nyata yang mampu memberikan keinginan hati Anda. Banyak terima kasih Mrs.Endah karena telah membuat hidup adil bagi saya jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman harus tolong cekact Ibu melalui e-mail (ramadhanislamiyatloans@gmail.com), yang adalah bagaimana saya bisa mendapatkan kredit sehingga saya dapat membayar tagihan saya. Jadi terima kasih, karena Anda meluangkan waktu untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan juga akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda, saya bernama Abdul. Anda dapat menghubungi saya untuk lebih mengarahkan {oliverhwallace1@gmail.com}

Queen Lisa Efendi mengatakan...

saudara-saudara
Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com