Rabu, 06 Agustus 2014

GUBERNUR : LOMBA PACU PERAHU BUKAN HANYA UNTUK PRESTASI, TETAPI JUGA UNTUK EDUKASI


Sarolangun-Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menekankan agar lomba pacu perahu bukan hanya untuk meraih prestasi, tetapi juga untuk proses edukasi. "Kegiatan ini bukan hanya untuk prestasi, tetapi juga untuk proses edukasi," ujar gubernur. Hal tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam Pembukaan Lomba Pacu Perahu Sarolangun (Sarolangun Tradisional Canoe Festival), bertempat di Pasar Bawah, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Rabu siang (6/8).

Gubernur menjelaskan, proses edukasi yang dimaksudkannya adalah untuk menanamkan, membina, dan meningkatkan nilai-nilai kekompakan dan kerjasama dalam hal-hal yang positif, untuk semua masyarakat, terutama untuk generasi muda.


Gubernur mengungkapkan, dari dia kecil, dia mengingat bahwa lomba pacu perahu ini sudah diadakan di Sarolangun. Gubernur berharap supaya lomba pacu perahu ini bisa tetap berprestasi dan lebih hebat di masa mendatang. Gubernur juga menyarankan agar pembinaan lomba pacu perahu ini kalau bisa dianggarkan.

Menanggapi usulan Bupati Sarolangun untuk meningkatkan kualitas piala lomba pacu perahu, gubernur menyatakan, dirinya mendukung untuk memperbarui piala even ini. "Insyaallah, tahun depan, kalian sudah menggunakan piala yang baru, saya sumbangkan satu piala," tutur gubernur.

Selain itu, gubernur mengajak masyarakat untuk terus berprestasi dalam segala hal.

Pada kesempatan tersebut, gubernur memberikan secara simbolis Piala Bergilir Gubernur Jambi kepada Bupati Sarolangun yang kemudian diteruskan kepada Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sarolangun.

Selanjutnya, gubernur memberikan bantuan untuk lomba pacu perahu tersebut senilai Rp15 juta.

Usai penyampaian sambutan, gubernur membuka secara resmi lomba pacu perahu ini, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Sebelumnya, Bupati Sarolangun, H.Cek Endra, dalam sambutannya berharap agar lomba pacu perahu yang merupakan tradisi Kabupaten Sarolangun bisa dilestarikan, apalagi even ini juga dilaksanakan dalam rangka peringatan 17 Agustus.

Cek Endra mengapresiasi Gubernur Jambi, yang baru pertama kali ini membuka lomba pacu perahu di Kabupaten Sarolangun.

Cek Endra mengharapkan supaya lomba pacu perahu ini bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi, baik di even kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.

Selanjutnya, Cek Endra menghimbau peserta untuk meningkatkan kekompakan dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan.

Selain itu, Cek Endra mengusulkan agar piala lomba pacu perahu ini ditingkatkan kualitasnya, termasuk bentuk pialanya supaya lebih menarik.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Sarolangun, Drs.H.Aslami, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan secara turun-temurun di Kabupaten Sarolangun.

Aslami mengatakan, lomba ini diikuti oleh 48 peserta, tipe A dengan 24 orang satu perahu dan tipe B dengan 12 orang satu perahu.

Aslami mengungkapkan, dalam hal lomba pacu perahu, Kabupaten Sarolangun sangat diperhitungkan, tahun lalu meraih juara 1 dan 3 kejuaraan lomba pacu perahu tingkat nasional di Sumatera Barat.

Selain itu, lanjut Aslami, pada tanggal 31 Juli 2014 yang lalu, Kabupaten Sarolangun juga meraih juara 1, 2, dan 3 dalam lomba pacu perahu yang diselenggarakan di Kabupaten Dharmasraya, sembari berharap agar berbagai prestasi yang dicapai bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Aslami mengatakan, even tahun ini merupakan lomba pacu perahu pertamakali di Kabupaten Sarolangun yang dibuka oleh Gubernur Jambi dan gubernur telah menyiapkan piala bergilir Gubernur Jambi, Disamping piala dari Bupati Sarolangun.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sarolangun, Pahrul Rozi; Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Ir.H.Haviz Husaini, MM; para pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun; serta para undangan lainnya. (Mustar Hutapea-Humas Provinsi Jambi)

Tidak ada komentar: