Rabu, 02 Juli 2014

Gubernur Apresiasi Pelaksanaan Pasar Murah Oleh TP-PKK

Bazar : Ketua PKK Provinsi Jambi Yusniana Hasan Basri saat memberikan sembako kepada pegawai lepas kebersihan saat pembukaan bazar Ramhadan PKK Provinsi Jambi, Rabu (2/7). Foto HUMAS PROVINSI JAMBI

Jambi- Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus, MM memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi yang menyelenggarakan pasar murah  untuk mewujudkan kepedulian dan meningkatkan tali persaudaraan dan persatuan serta kepedulian terhadap sesama. 

Bazar yang dilaksanakan di rumah tenun Telanaipura ini akan berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh dinas/instansi terkait serta perbankan yaitu Bank Pembangunan Daerah yang menyediakan 200 paket sembako gratis senilai Rp 110 ribu, dan Bank Indonesia menyediakan 250 paket sembako senilai Rp 120 ribu yang disubsidi dan dijual dengan harga Rp.60 ribu. 


Paket yang tersedia ini berisi minyak goreng, susu kental manis dan tepung serta kebutuhan lainnya. Hadir pada kesempatan ini Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri, Kepala Bank Jambi, dan Kepala Bank Indonesia. Pada kesempatan ini Gubernur juga menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada   anak yatim piatu, Ketua TP PKK juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Fatimah seorang janda yang berprofesi sebagai tukang sapu jalanan.

 Disampaikan Gubernur bahwa pasar murah seperti ini sangat membantu masyarakat dan menghimbau kepada seluruh komponen pembangunan di daerah Jambi untuk memperbanyak melakukan kegiatan seperti ini. “Saya juga mengharapkan agar kegiatan ini dilaksanakan di pemukiman masyarakat sehingga kegiatan ini akan langsung mengena dan bermanfaat bagi masyarakat yang memang membutuhkan dan barang yang dijual ini tidak hanya dibeli oleh pihak tertentu saja”ungkap Gubernur. 

                Dijelaskan Gubernur bahwa pemerintah terus memantau dan mengamati perkembangan fluktuasi harga bahan pokok ini, melalui operasi pasar. Pemerintah juga telah memperhitungkan ketersediaan bahan pokok dan jika terjadi kenaikan harga sedikit adalah hal yang wajar dalam mekanisme pasar. 

“Sudah menjadi tugas pemerintah untuk memikirkan bagaimana menjamin kesejahteraan serta keamanan masyarakat terjamin, apalagi sebagai Kepala Daerah memiliki tanggung jawab dalam menjamin rakyatnya terutama dalam menghadapi ketersediaan bahan pokok terutama dalam menghadapi hari besar umat beragama. Dan saya selalu berkoordinasi dengan aparat terkait untuk membahas ketersediaan bahan pangan, Insya Allah cukup”katanya.

                Disampaikan Gubernur bahwa saat ini angka inflasi harga barang masih terkendali dan terjangkau dan hal ini akan terus menjajdi perhatian pemerintah terutama menjelang hari raya. 

“Agenda pemerintah adalah bagaimana terpenuhinya kesediaan pangan dan harganya terjangkau oleh masyarakat, nantinya pemerintah juga akan melakukan intervensi harga misalnya dengan membeli sapi dan kemudian dijual menjelang lebaran agar harga tidak melonjak, semua ini dilakukan agar masyarakat tidak merasa diberatkan selama bulan Ramadhan.  Pemerintah juga harus memikirkan keseimbangan harga dimana jika terjadi inflasi maka harga barang akan naik jika terlalu murah, maka Nilai Tukar Petani menjadi rendah ,untuk itu pemerintah harus memikirkan bagaimana cara agar tetap seimbang”jelasnya.

                Sementara itu sebelumnya Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana menyatakan bahwa pelaksanaan pasar murah ini sebagai bentuk untuk mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok yang naik selama bulan puasa. “TP –PKK terpanggi untuk membantu masyarakat dengan kegiatan ini, langkah ini juga memotivasi pihak lainnya untuk turut melaksanakan kegiatan ini, dan diharapkan kegiatan ini juga dapat membantu terutama masyarakat yang kurang mampu yang berada di sekitar tempat pelaksanaan pasar murah”jelas Hj.Yusniana.

                Kegiatan ini juga ke depan akan dilaksanakan di pemukiman penduduk dengan tujuan agar tepat sasaran. “Kedepan bersama organisasi wanita lainnya kami akan mencoba untuk melaksanakan kegiatan seperti ini di tempat pemukiman penduduk, agar lebih tepat sasaran yaitu masyarakat yang kurang mampu”ungkapnya.

                Dilanjutkan Hj.Yusniana  bahwa kegiatan ini  diharapkan  akan membangun kebersamaan antara masyarakat yang kaya dengan yang lemah. “Kegiatan ini akan membuat kita berbagi beban dalam membangun Provinsi Jambi terutama dalam membantu masyarakat kurang mampu, karena pembangunan bukan hanya tugas pemerintah tetapi tugas kita bersama” jelasnya.(Maria-Humas Provinsi Jambi)





BAZAR RAMADAN PKK PROVINSI JAMBI, RABU 2 JULI 2014


Tidak ada komentar: