Selasa, 11 Juni 2013

Gubernur Buka Secara Resmi MTQ Ke-43

Jambi, Bute Ekspres

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-43 Tingkat Provinsi Jambi, Sabtu (08/6) malam, bertempat di Arena MTQ Rimbo Binjai Kelurahan, Jambi Kecil Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.

MTQ ke-43 Tingkat Provinsi Jambi bertemakan “Kita Tingkatkan Pengamalan Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup dan Kehidupan Menuju Jambi EMAS 2015”.

Gubernur Jambi mengatakan Al-Qur’an memberi tuntunan kepada kita agar membangun kehidupan yang harmonis, saling bertoleransi, hidup dalam kedamaian dan hidup untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf dan tidak membenci satu sama lain.

Disebutkan, pelaksanaan MTQ bukan semata-mata menjadi ajang untuk  berlatih dan bertanding membaca Al-Qur’an, tetapi juga untuk memahami substansi dari ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan benar dan tepat. Sehingga penyelenggaraan MTQ ini diharapkan dapat menjadi media yang efektif untuk mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

“Kepada para Alim Ulama dan Tuan-tuan Guru untuk secara bersama – sama meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam di tengah masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dengan selokonya mengatokan “Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah”, inilah karakter kita sebagai anak negeri Jambi”ujar HBA.

Gubernur menghimbau “Marilah kita menjalankan dan menyiarkan ajaran Islam secara benar sesuai dengan kandungan Al-Qur’an dan Sunnah. Janganlah kita menjalankan keimanan dan ajaran yang keliru, apalagi menyiarkannya karena pasti mendatangkan permasalahan, bahkan pertentangan, baik untuk diri sendiri maupun untuk komunitas umat Islam yang lebih luas”.

HBA juga mengajak “Segenap kaum muslimin di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis. Mari kita tunjukkan bahwa umat islam yang cinta damai, ramah dan toleran serta membangun kebersamaan mengatasi berbagai persoalan dengan cara-cara Islami.

Pada kesempatan ini dihadiri juga Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, Ibu. Hj. Yusniana Hasan Basri Agus (Ketua TP PKK Prov. Jambi) dan Ibu Hj. Rahima Fachrori (Wakil Ketua TP PKK Prov. Jambi), Ketua DPRD Prov. Jambi, Para Unsur FORKOMPIMDA Prov. Jambi dan Kab. Muaro Jambi.

Kemudian Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Para Bupati/Walikota beserta Ketua TP PKK Kab/Kota se Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi – H. Syahrasaddin beserta Ketua DW Persatuan – Ibu H. Dewi Syahrasaddin, Para Kepala SKPD Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Muaro Jambi, Para Anggota Dewan Hakim,  para Kafilah Peserta MTQ dan diramaikan oleh Masyarakat Muaro Jambi.

Hj. Rahima Buka Pameran MTQ

Pengguntingan Pita dan pelepasan balon menandai pembukaan Pameran dan Bazar dalam rangka MTQ ke 43 Provinsi Jambi,Sabtu (08/06) bertempat Dusun Binje, Jambi Kecil.

Dalam sambutan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi menyampaikan, kehadiran pameran dan bazar menyemarakkan rangkaian kegiatan serta meningkatkan keterampilan pelaku usaha kecil dan menengah.

Pameran dan Bazar yang dibuka Hj. Rahima Fachrori Umar diikuti Dekranasda Kabupaten/Kota Provinsi Jambi, berbagai kerajinan dan produk unggulan masing masing daerah membutuhkan promosi dan pemasaran agar laku dipasaran.

“Masih banyak potensi daerah yang belum optimal dikembangkan, mari kita bertindak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki," ungkap Hj. Rahima.

Sedangkan dalam laporan Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Hj. Suliyanti Burhanudin Mahir menginginkan kehadiran bazar dalam rangka MTQ ke 43 Tingkat Provinsi Jambi menjadi pemicu kreativitas bagi pelaku usaha kecil khususnya Kabupaten Muaro Jambi.

Hadir pada acara tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj. Dewi Syahrasaddin, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Ervin Afriyanti, serta para tamu dan undangan lainnya.srg

Tidak ada komentar: