Kamis, 28 Maret 2013

Wagub Nilai Pemilukada Merangin Berjalan Baik, Aman dan Kondusif

DSC_0375.JPG
BANGKO – Guna melihat situasi pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Kabupaten Merangin yang dilaksanakan, (Senin, 25/03), Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum bersama Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Jambi memantau beberapa lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kabupaten ini.

Menurut Wagub yang ditemui sejumlah wartawan usia memantau di TPS 03 Kelurahan Pasar Atas Bangko mengatakan, hasil pengamatan dan laporan pelaksanaan pemilukada Merangin berjalan baik, kondusif dan harmonis. ”Alhamdullilah di Merangin ini berjalan lancar. Masyarakat terlihat ceria dan antusias. Ini luar bisa, semoga situasi yang aman dan kondusif ini tetap terjaga,” ujar Wagub.

Dikatakan Wagub, setiap Pemilihan Kepala Daerah (Bupati/Walikota) baik Gubernur maupun Wakil Gubernur selalu turun ke lokasi bersama Forkompimda guna memantau kelancaran proses pemilihan. Pemantauan ini dilakukan karena Gubernur merupakan wakil dari pemerintah pusat. “Dulu sebelumnya kami juga pernah turun ke Tanjabtim dan Tanjabbar dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,” kata Wagub.

Wagub juga menambahkan bahwa di semua pemilukada baik Gubernur maupun Wakil Gubernur selalu hadir. “Oleh sebab itu kita memantau, dan alhamdulillah lancar semua dan ceria. Dan kita berharap masalah aman ini dipertahankan ,karena demokrasi sudah berjalan, dan kita juga bersyukur dengan kondisi yang aman seperti ini, aman dan terkendali,” jelas Wagub.

Sementara itu Danrem 042/Gapu Jambi Kol. Inf. Eko Budi. S mengatakan bahwa untuk pengamanan pilkada di Kabupaten Merangin ini TNI menurunkan sebanyak 270 personil yang ada di Kodim untuk membantu. “Semua personil yang ada di Kodim kita manfaatkan untuk mem backup tugas- tugas yang dilakukan Kepolisian,” terang Danrem.

Sedangkan Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs. Rachmat Fudail mengatakan bahwa untuk sementara kondisi pemilukada di Merangin ini berjalan kondusif dan kesadaran masyarakat dirasakan cukup tinggi. “Aparat pun juga telah disiapkan semua baik dibantu dari TNI maupun dari masyarakat yang lain, “ jelas Wakapolda.
Wakapolda juga menambahkan bahwa dari Polda sendiri telah menerjunkan sebanyak 600 personil untuk pengamanan Pemilukada ini disamping seluruh kekuatan personil dari Merangin sendiri. “Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan lagi kekuatan kita sudah siap, nanti juga akan di back up dari TNI,” jelas Wakapolada lagi.

Adapun TPS-TPS yang dikunjungi Wagub beserta rombongan diantaranya adalah TPS 05 RT 03 Kelurahan Dusun Bangko dengan DPT (Daftar pemilih Tetap) sebanyak 470, kemudian TPS 3 RT 7 dan TPS 4 RT 7 Kelurahan Pasar dengan DPT 182. Kemudian juga TPS 3 RT 3 Kelurahan Pasar Atas dengan DPT 351, TPS 10 RT 10 Pematang Kandis dengan DPT 190 dan TPS 12 RT 12 Pematang Kandis dengan DPT 175 serta TPS 03 Tanjung Lamin Luar Kecamatan Pamenang Barat.

Untuk sementara ini, dari pantauan bebarapa lembaga survei melalui hasil penghitungan cepat (Quick Count), dari 88,72 presen suara (692 TPS), HARKAD Unggul dengan dengan memperoleh sebanyak 39 persen suara, NASA 24 persen, SYUFI 25 persen dan HAJI 12 persen.  ( Humas Provinsi Jambi-Agus Rizal/Zainal Mahyudi/Foto:Novriansyah)

Tidak ada komentar: