Rabu, 06 Maret 2013

Program Posdaya Sejalan Dengan Samisake

HBA.Foto Rosenman Saragih M
Jambi, Simantab

Keberadaan Program Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) sebagai bentuk program yang membantu mensejahterakan masyarakat melalui pelatihan maupun kursus, juga menjadi wadah untuk melaksanakan berbagai kegiatan dimasyarakat yang diharapkan dapat terintegrasi dengan berbagai kegiatan pemerintah, PKK, maupun TNI-Polri, sesuai dengan tujuan pembentukan Posdaya tersebut.

Hal itu dikatakan Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) saat dirinya bertindak selaku narasumber dialog Posdaya dengan Yayasan Damandiri dibawah Kepemimpinan Prof. Dr. Haryono Suyono, Selasa (5/3/13) bertempat GOR Kotabaru Jambi.

Menurut HBA, program Posdaya dan Samisake mempunyai tujuan yang sama untuk mensejahterakan masyarakat, adanya kesamaan dari dua program tersebut diharapkan dapat mempercepat kinerja pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan Posdaya Nyambung dengan Program Samisake. Sinkronisasi program Samisake dan Posdaya menjadi perhatian serius, seperti diketahui Program Samisake dengan beberapa kegiatan seperti bedah rumah, pemberian bantuan UMKM, Beasiswa yang semuanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang ada di Provinsi Jambi,”ujarnya.

Disebutkan, Posdaya telah bekerjasama dengan Universitas Jambi dan Universitas Batanghari untuk menurunkan Dosen maupun Mahasiswa secara sukarela dalam mendidik masyarakat, pelatihan, kursus dan kegiatan lainnya.

Selain menjalankan Intruksi Presiden No. 3 Tahun 2010, keinginan HBA mensukseskan program Posdaya dan Samisake dilandasi keyakinan untuk berbuat baik kepada masyarakat dengan tujuan utama kesejahteraan rakyat.

Prof. Haryono Suyono menyampaikan,  HBA merupakan Gubernur yang tanggap untuk membuat Posdaya sebanyak banyaknya bahkan pada bulan Agustus ini dapat diperlombakan. “Keberanian Bapak (HBA) mendahului Gubernur lain,”ujar Prof. Haryono.

Prof. Haryono Suyono mengapresiasi kerjasama Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi juga Universitas yang telah mendukung Posdaya sebagai ujung tombak terwujudnya Jambi Emas 2015.

Sebelumnya, H. Hasan Basri Agus mengukuhkan Ketua Terpilih serta Pengurus Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jambi Periode 2012 – 2017 Kepengurusan Baru Terpilih sebagai Ketua Umum Ny. Hj. Monalisa Zoerman Manaf, S.Pd berdasarkan Keputusan Gubernur Jambi No. 137/Kep.Gub/BKKKS/2013 tanggal 19 Pebruari 2013 dan Mengukuhkan Pengurus Komite Pengarah Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jambi periode 2012-2017 sebagai Ketua H.M.Saman Chatib, SH berdasarkan Keputusan Gubernur Jambi No. 648/Kep.Gub/BPMPP-2.1/2012 tanggal 20 Nopember 2012.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (4/3/13) malam berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Sementara Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri yang dilantik sebagai Koordinator Posdaya menyampaikan Posdaya merupakan wadah yang dapat dimanfaatkan bersama PKK dan instansi lainnya.

Sebagai pelaksana tugas Pemerintahan Sekda Provinsi Jambi Ir. H. Syahrasaddin, M.Si., menyatakan kesiapannya  untuk menjalankan dan mensukseskan Posdaya. “Sesuai Intruksi Pak Gubernur, saya rangkum semua kebutuhan, Stakeholder, Dosen, untuk mensukseskan Posdaya,”katanya. rosenman saragih

Tidak ada komentar: