Selasa, 26 Februari 2013

Wisudawan UNJA Harus Tingkatkan Daya Saing

Jambi, Simantab

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar menekankan sekaligus menghimbau agar wisudawan/wisudawati terus meningkatkan daya saing (competitiveness). , Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai salah satu prioritas pembangunan Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi Dalam Rangka Wisuda ke-62 Program Magister, Sarjana, dan Diploma Semester Ganjil Tahun Akademik 2012/2013, bertempat di Balairung Universitas Jambi (Unja), Sabtu  (23/2/13) pagi.

Wagub mengatakan, Rektor Universitas Jambi (Unja), agar mampu berkontribusi bagi  pembangunan perekonomian, kewirausahaan, serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Wagub menyatakan bahwa tantangan yang sedang dan yang akan dihadapi di tahun-tahun mendatang cukup berat, dan tantangan-tantangan tersebut membutuhkan SDM yang handal. Untuk itu, Wagub menghimbau seluruh wisudawan/wisudawati untuk terus-menerus meningkatkan kualitas, mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan zaman yang kian lama kian komplek.

Wagub menyarankan Unja untuk menciptakan program-program yang lebih inovatif, sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, sehingga output yang dihasilkan mampu beradaptasi dan berimprovisasi menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

“Dalam kaitan ini, yang perlu menjadi perhatian Unja adalah standar kualitas lulusan yang sudah seharusnya mengacu tidak hanya untuk kepentingan nasional, melainkan juga untuk kepentingan internasional. Atas dasar itu, tentunya masih sangat banyak yang  harus dibenahi oleh Unja untuk mengejar berbagai keunggulan tersebut. Saya berkeyakinan bahwa Unja akan mampu menjalin berbagai kerjasama, baik dengan sesama lembaga pendidikan maupun dengan lembaga lainnya, baik di dalam negeri maupun jalinan kerjasama dengan institusi di luar negeri,”katanya.

Rektor Unja, Prof. Dr. H. Aulia Tasman, dalam sambutannya, pada intinya menjelaskan bahwa Unja telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas Unja, diantaranya dengan pembukaan lima fakultas yang baru, yaitu Fakultas Kedokteran, . Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Sain dan Teknologi.

Kemudian Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pollitik (FISIP). Aulia Tasman juga menyatakan, Unja juga sedang mempersiapkan untuk membuka berbagai Program Studi (Prodi), terutama berbagai jurusan teknik.

Dikatakan oleh Aulia Tasman, Unja berusaha untuk meningkatkan kualitas lulusannya, sekaligus untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, untuk membangun dan memajukan Provinsi Jambi.

"Unja harus berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi dan untuk meyediakan SDM yang berkualitas dalam membangun Provinsi Jambi. Momen wisuda yang mana 1.021 orang diwisuda juga disandingkan dengan ulang tahun ke-50 Unja. Unja berdiri tahun 1963,”katanya.(rosenman saragih)

Tidak ada komentar: