Kamis, 17 Januari 2013

Gelombang Besar Hambat Nekayan Pantai Timur Jambi Melaut



Jambi, Simantab

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan waspada akan adanya gelombang besar di perairan pantai timur Provinsi Jambi. Berdasarkan rilis prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, gelombang laut setinggi 2 sampai 3 meter berpeluang terjadi di perairan Jambi, Selat Berhala, Selat, dan Karimata bagian Selatan.

Kemudian, gelombang laut setinggi 3 sampai 4 meter juga berpeluang terjadi di perairan Timur Kepulauan Riau, Perairan Utara Pulau Bangka, Selat Gelasa, Selat Karimata bagian Utara, dan Laut Natuna.

Akibat gelombang besar disertai angin kencang yang terjadi di perairan pantai Timur Provinsi Jambi, membuat nelayan setempat enggan untuk melaut. Padahal bulan Januari ini, biasanya menjadi musim ikan di wilayah timur Provinsi Jambi seperti di Kabupaten Tanjab Timur.

Lakok Sibli, salah seorang nelayan di Kuala Jambi Kabupaten Tanjab Timur, mengatakan meski saat ini musim ikan tiba, namun ia dan rekan-rekannya memilih untuk tidak turun  kelaut. “Jika musim gelombang begini, kita lebih baik beralih provesi. Jika biasanya kita mencari ikan di laut, sekarang hanya di anak sungai saja,”ujarnya.

Namun Acok Harubei, tetap memilih untuk melaut meski gelombang besar dan angin kencang. “Namun intensitasnya kita kurangi. Jika biasanya tiga hari baru pulang, sekarang satu hari kita sudah pulang. Jika angin dan ombak sedang besar, kita langsung menepi,”katanya.

Lebih lanjut Acok mengatakan, berkurangnya intensitas nelayan untuk meluat karena saat ini sedang ada belombang besar dan angin kencang, juga berpengaruh terhadap pasokan ikan di pasar. Padahal, kata Acok, permintaan ikan dipasaran masih cukup tinggi.

Disebutkan, saat ini ikan yang banyak dijumpai di pasar adalah ikan sungai. “Kita berharap cuacara bisa membaik, sehingga kita bisa melaut lagi,”ujarnya.

Sementara cuaca untuk Kota Jambi, umumnya berawan, hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi pada sore atau malam hari. Angin umumnya bertiup dari Barat Laut dengan kecepatan 8 sampai 30 km/jam. Suhu Udara 23°C – 32°C dengan kelembaban Udara 60 % – 96 %. (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: