Jumat, 14 Desember 2012

Setiap PNS di Jambi Dapat Bibit Pohon

HBA menyerahkan bibit pohon secara simbolis.Ft Rosenman S
Jambi, Simantab

Dalam rangka mendukung Gerakan  Penanaman Satu Milyar Pohon, setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jambi mendapat bibit pohon, secara simbolis bibit pohon diserahkan Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ir. Syahrasaddin, M. Si, kepada Sekretaris Korpri Provinsi Jambi.

Penyerahan dilaksanakan pada puncak acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2012, yang dilaksanakan di Taman Rimba  (eks arena MTQ nasional), Jambi, Rabu (12/12/12).

Syahrasaddin  menyampaikan, seandainya setiap PNS menanam satu bibit pohon setiap tahunnya, berarti PNS telah ikut menyelamatkan anak cucu kita, apa lagi setiap kita melakukan penanaman pohon, dan dalam menanam pohon ini tidak perlu dilakukan di areal tertentu, bisa saja ditanam di pekarangan rumah atau di lahan kosong di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Pada HMPI dan BMN tahun 2012 mengangkat tema “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau”. Sekda Syahrasaddin juga menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan.

Disebutkan, pemilihan tema ini dimaksudkan untuk menunjukkan Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi, serta program yang konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan dan konservasi lingkungan termasuk bidiversitasnya.

 Menurut Menhut, untuk mengembalikan fungsi hutan yang telah rusak, Kementerian Kehutanan RI telah berupaya menekan laju degradasi hutan dan deforestasi program rehabilitasu hutan dan lahan.

Penanaman satu milyar pohon untuk dunia, pembangunan Hutan Tanaman Rakyat dan Hutan Rakyat, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Desa, upaya penegakan hukum, serta standard verifikasi legalitas kayu. Dengan dukungan seluruh anak bangsa, Kementerian Kehutanan mampu menekan laju deforestasi dari hampir 2,5 juta ha pertahun, menjadi kurang 500 ribu ha pertahun.

Disebutkan, bahwa  gerakan penanaman satu milyar pohon yang dilakukan pemerintah pada tahun 2010 telah menanam sebanyak 1,3 milyar pohon (130 persen), tahun 2011 sebanyak 1,5 milyar pohon (150 persen) dan sampai Oktober tahun ini telah terealisasi penanaman hutan sebanyak 732 juta pohon atau 70 persen.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Ir. Irmansyah Rachman mengatakan, bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan Puncak Acara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon tingkat Provinsi Jambi tahun 2012 ini adalah, upaya mengedukasi semua komponen masyarakat akan pentingnya kegiatan menanam dan memelihara pohon dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan.

Sedangkan tujuannya adalah, untuk menambah tutupan lahan  dan hutan guna mencegah erosi dan banjir di musim huja, lingkungan menjadi lebih baik, dan lebih indah karena merupakan Ruang Terbuka Hijau. Kegiatan ini diikuti lebih kurang 1000 orang, masing-masing terdiri dari anggota Forkompinda, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi jambi, UPT Kementerian Kehutanan, perusahaan swasta, mahasiswa, pelajar, LSM/NGO dan masyarakat umum.

Pada kesempatan ini jenis pohon yang ditanam terdiri dari ; a. Untuk pembuatan tananaman unggulan lokal, kayu gaharu dan meranti di Kebun Bukit Sari seluas 10 hektar. Selanjutnya pembuatan tanaman arboretum antara lain dengan jenis tanaman, jelutung, gaharu, meranti, jabon, dan lainnya seluas 12 hektar di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Kemudian rencana penanaman secara missal jenis tanaman kayu-kayuan dan buah-buhan seluas lebih kurang dua hektar, jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1000 batang, di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, penanaman secara simbolis dilaksanakan di Taman rimba sebanyak 50 batang, dengan jenis tanaman ; Manglid, jambu hutan, buni, mahoni, gaharu, jabon dan lainnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara pihak Bank Indonesia Cabang Jambi dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dalam membantu program Hutan Tanaman Rakyat di Provinsi Jambi.

Dilakukan dengan program Sosial Bank Indonesia (PSBI) atau yang disebut dengan Coorporate Society Responsibility (CSR). Menyerahkan penghargaan kepada pengelola taman rekreasi Kamung Radja, yang telah ikut mensukseskan Penanaman Satu Milyar Pohon, kepada LSM Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia yang telah melakukan pelestarian mangrove di desa Sungai Ular, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: