Minggu, 27 Mei 2012

TP PKK Provinsi Jambi Raih Prestasi di Tingkat Nasional

 
Juara : (Kiri ke kanan) Bupati Merangin H Nalim, Dra Hj Sukma Jaya Nalim, Hj Roro Endah Nirwani Bambang, Hj Yusniana HBA, Gubernur Jambi HBA dan Walikota Jambi dr Bambang Priyanto foto bersama usai mendapatkan piala penghargaan Juara PKK Nasional di di Puspa Agro, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Kamis (24/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk

 
Hj Roro Endah Nirwani Bambang (kiri) dan Hj Yusniana HBA pegang piala PKK Nasional. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Pembinaan PKK di Provinsi Jambi Berhasil

Jambi, BATAKPOS

Lima Tim Penggerak PKK di Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan Nasional. Dua di antaranya mendapat penghargan utama tingkat nasional. TP PKK kabupaten yang berprestasi itu adalah TP PKK Kabupaten Merangin, juara I kegiatan Penghapusan KDRT di Desa Pinang Merah, Kecamatan Pamenang Barat.

Kemudian TP PKK Kota Jambi juga memeroleh juara I pada kategori Pelaksana Terbaik Administrasi PKK tingkat nasional. Pada acara nasional yang dihadiri Wakil Presiden RI Boediono dan sejumlah Menteri tersebut, Dra Hj Sukma Jaya Nalim (Bupati Merangin) dan Hj Roro Endah Nirwani Bambang Priyanto (Walikota Jambi) menerima penghargaan tersebut dari Ny Hj Vita Gamawan Fauzi SH (Mendagri) selaku Ketua Umum TP PKK Pusat.

Satu kader dari TP PKK Kabupaten Bungo mendapat penghargaan tanda jasa pengabdian selama 29 tahun, yang juga diserahkan oleh Vita Gamawan. Sedangkan tiga pemenang lomba lainnya, diraih oleh TP PKK Kabupaten Tebo meraih juara harapan I lomba Pemanfaatan Hasil Toga, Tanjabbar juara III lomba UP2K PKK, dan Kota Sungaipenuh juara II Lomba HATINYA PKK.

Untuk ketiga pemenang tersebut diserahkan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat NY Hj Vita Gamawan Fauzi, pada sehari sebelumnya di acara seminar di Jatim Expo, Rabu (23/5).

Dihadiri Gubernur Jambi

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus(HBA) bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana HBA, menghadiri puncak acara peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-IX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 tingkat nasional. Acara Nasional ini dilaksanakan di Puspa Agro, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Kamis (24/5).

Acara yang dihadiri 5.000 undangan itu dicanangkan oleh Wakil Presiden RI, Prof Boediono beserta istri. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri H Gamawan Fauzi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar.

Gubernur Jambi, HBA disela-sela cara kepada pers mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diperoleh TP PKK kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Sembari melihat stand pameran Provinsi Jambi, HBA mengatakan bahwa prestasi yang diraih TP PKK kabupaten/kota  tidak lepas dari kerja keras kader-kader di tingkat desa dan kelurahan. 
“Kita akan terus berkoordinasi dengan TP PKK agar kedepannya prestasi kader bisa ditingkatkan lagi. Pemerintah provinsi sangat mendukung program PKK, dan akan disinergikan dengan SKPD terkait di tiap kabupaten dan kota,” kata HBA.

HBA meminta SKPD untuk mendukung program PKK di kabupaten dan kota, agar SKPD mendukung sepenuhnya program PKK ini di wilayahnya masig-masing. “Alhamdulillah, Merangin dan Kota Jambi berhasil menggondol juara I tingkat nasional. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi TP kabupaten lainnya,”harap HBA.

Hj Yusniana mengatakan, untuk meraih prestasi di tingkat nasional bukanlah hal yang gampang. “Masing-masing TP PKK di kabupaten dan kota harus bersaing secara sehat di tingkat provinsi  terlebih dahulu, baru kemudian bersaing di tingkat nasional,”kata Hj Yusniana.

Hj Yusniana menambahkan bahwa, secara rutin TP PKK mengadakan pertemuan dengan TP PKK kabupaten dan kota setiap dua bulan sekali di Provinsi Jambi. “PKK memiliki 10 program pokok PKK, dan untuk pelaksanaannya berkoordinasi dengan SKPD terkait,”ujarnya.

Wakil Presiden RI Boediono dalam sambutannya mengaku terkesan atas terselenggaranya puncak peringatan tingkat nasional BBGRM ke IX dan HKG PKK ke 40. “Mari kita memaknai dengan cermat hakekat kegiatan itu sendiri,”kata Boediono.

Wapres mengatakan, kegiatan ini sangat efektif untuk memperbaiki nasib keluarga Indonesia dan memperkuat semangat gotong royong. “Keluarga adalah pilar utama suatu bangsa. Tanpa keluarga yang sejahtera, kita tidak akan pernah menjadi bangsa yang sejahtera. Tanpa keluarga yang cerdas kita tidak akan pernah menjadi bangsa yang cerdas. Pemberdayaan harus melibatkan semua komponen bangsa,”ujarnya.

Usai memberikan sambutan dan membuka acara BBGRM ke IX dan HKG PKK ke 40, Wapres beserta rombongan mengunjungi beberapa stand pameran. Stand pameran ini dibuka oleh Ny Herawati Boediono, ditandai dengan pengguntingan pita. RUK


Gubernur Jambi HBA beserta Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj Yusniana HBA sata meninjau stand PKK Provinsi Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Tidak ada komentar: