Senin, 28 Mei 2012

GKPS Mengabadikan Budaya Simalungun Hingga Keperantauan

Tarian Simalungun : Anak Sekolah Minggu GKPS Kotabaru Jambi saat menyuguhkan tarian Simalungun pada Pesta Sekolah Minggu GKPS di GKPS kotabaru Jambi, Minggu (27/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk
Dayok Binatur : Sebanyak 12  ASM GKPS Kotabaru Jambi melelang masakan khas Adat  Simalungun panggang, “Dayok Binatur” pada  pada Pesta Sekolah Minggu GKPS di GKPS kotabaru Jambi, Minggu (27/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS


Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) memiliki komitmen dan tetap konsisten dalam mengabadikan budaya, adat seni Simalungun hingga ke perantauan. Mengenalkan Budaya, Adat serta Seni Simalungun kepada anak usia dini di lingkungan GKPS harus tetap ditingkatkan guna menghindari semakin pudarnya budaya orang tua kepada anak.

Mengenalkan Budaya, Adat seni Simalungun kepada anak sejak usia dini, khususnya di lingkungan GKPS, harus tetap dilakukan. Peran GKPS untuk menjaga, serta melestarikan Budaya, Adat, Seni Simalungun harus ditingkatkan, terkhusus buat warga GKPS di perantauan.

Hal itu juga yang dilakukan Guru-guru Sekolah Minggu GKPS Kotabaru Jambi, Resort Jambi pada Pesta Sekolah Minggu ke-44, Minggu (27/5) di GKPS Kotabaru Jambi. Tampak 12 orang anak sekolah minggu GKPS mengenakan pakaian adat Simalungun dalam menyemarakkan Pesta Minggu SM GKPS tersebut.

Anak yang dilengkapi pakaian adat Simalungun itu, menyambut barisan Prosesi Pdt Jhon Ricky R Purba STh, Porhanger GKPS Kotabaru, St GM Saragih, Ketua SM GKPS Kotabaru Jambi, St E br Sitopu MPd dan Majelis GKPS Kotabaru Jambi.

Barisan prosesi diiringi tarian Simalungun dengan lagu rohani Simalungun. Pesta tersebut dihadiri sekitar 300 anak sekolah minggu GKPS Kotabaru Jambi dan sekitar 300 jemaat GKPS Kotabaru Jambi.

Anak sekolah minggu yang berpakaian adat Simalungun (wanita) itu juga menyuguhkan tarian Simalungun. Kemudian mereka juga dilibatkan untuk memegang bahan lelang berupa masakah khas adat Simalungun 12 posri panggang “Dayok Binatur” dengan harga lelang masing-masing Rp 400 ribu. 

Sehari sebelumnya, SM GKPS Kotabaru Jambi melakukan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) yang dipimpin oleh Pdt Jhon Ricky R Purba STh. Hadir pada KKR itu sekitar 100 SM dan 25 orang tua.

KKR itu juga diselingi lomba vocal group ASM GKPS antar sector GKPS Kotabaru Jambi. Tampil sebagai juara I yakni ASM Sektor Efesus, Juara II ASM Sektor Korintus dan Juara III ASM Sektor Filipi.

Pdt Jhon Ricky R Purba STh dalam kotbahnya mengatakan, agar anak SM GKPS lebih dibekali fasilitas sarana dan prasarana, karena hal itu adalah tanggung jawab gereja untuk masa depan GKPS masa depan.

Dirinya juga meminta agar GKPS tetap mengabadikan Adat, Budaya, Seni Simalungun kepada anak sekolah minggu. Hal itu penting agar anak sekolah minggu tidak lupa akan buadaya, adat seni Simalungun. “GKPS berperan penting mengabadikan Budaya, Adat, Seni Simalungun hingga ke tanah perantauan,”katanya. RUK



Tidak ada komentar: