Jumat, 13 April 2012

Tiap Tahun PU Kota Jambi Anggarkan Rp 30 Miliar Untuk Perbaiki Jalan

Namun Jalan Tetap Saja Banyak Rusak

Jambi, BATAKPOS
Rusak : Salah satu titik jalan Kota Jambi yang rusak di Mayang Kota Jambi. Kondisi jalan rusak tersebut membuat pengguna jalan resah karena kerusakan sudah lama. Foto batakpos/rosenman manihuruk


Pemerintah Kota (Pemko) Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi setiap tahun anggaran mengalokasikan dana Rp 20 miliar hingga Rp 30 miliar untuk perbaikan jalan kota Jambi. Namun hingga kini jalan-jalan di permukiman penduduk masih banyak yang hancur atau rusak berat.

Kepala Dinas PU Kota Jambi, Saipul Zakaria saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (12/4) mengatakan, PU Kota Jambi menganggarkan sekitar Rp 25 miliar lebih untuk perbaikan serta peningkatan ruas jalan Kota Jambi.

Disebutkan, setiap 1 kilometer ruas jalan memerlukan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Jalan yang terdapat di Kota Jambi ada yang merupakan jalan nasional, jalan provinsi dan ada juga merupakan ruas jalan Kota Jambi.

Untuk ruas jalan Kota Jambi ini sebanyak 780 ruas jalan, dengan panjang sekitar 600-an kilometer. “Itu yang merupakan jalan kota. Pada tahun 2010 dari 600-an kilometer panjang jalan, sekitar 60 persen atau sekitar 300 kilometer dalam kondisi rusak ringan maupun rusak berat,”kata Saipul.

Disebutkan, dari jumlah tersebut, dari tahun 2010 hingga saat ini kerusakan tersebut sudah tertangani sekitar 90 kilometer, sehingga kerusakan diperkirakan masih sekitar 210 kilometer.

“Kalau setiap tahun dianggarkan Rp 30 meter, berarti sudah 90 meter yang diperbaiki. Kerusakan yang ada saat ini lebih dari asumsi yang di atas. Ini karena kerusakan jalan bisa saja terus terjadi. Kerusakan akan tetap ada, tergantung pada kendaraan yang melewati,”ujarnya.

Menurut Saipul, sehingga tidak bisa dipastikan mengenai angka kerusakan yang ada saat ini. Saipul mengatakan, tidak bisa begitu saja menghitung kerusakan jalan, karena kerusakan bisa saja terjadi setiap saat selama kondisi jalan tidak baik.

Dia mencontohkan, satu ruas jalan yang awalnya hanya rusak sekitar 2 meter, namun dikarenakan intensitas kendaraan yang padat, serta terus diguyur hujan maka panjang kerusakan jalan bisa bertambah.

“Guna mengetahui jumlah kerusakan jalan tidak bisa dengan begitu cepat dan angka yang pasti. Untuk tahun 2012 ini, Dinas PU Kota Jambi menganggarkan sekitar Rp 25 miliar untuk perbaikan jalan serta peningkatan ruas jalan Kota Jambi. Anggaran tersebut untuk jalan status kota, bukannya jalan lingkungan,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: