Selasa, 24 April 2012

Pelaksanaan UN SMP Hari Pertama di Jambi Berjalan Tertib

Tinjau UN : Walikota Jambi dr Raden Bambang Priyanto (kiri) didampingi Wakil Walikota Jambi Sum Indra meninjau UN di SMP Alfalah Kota Jambi, Senin (23/4). Pelaksanaan UN di Kota Jambi secara umum berjalan tertib dan aman. Foto batakpos/rosenman manihuruk




Jambi, BATAKPOS

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP atau MTS hari pertama di Kota Jambi berjalan
lancar, aman dan tertib. Sekolah SMPN bertaraf Internasional (RSBI) memasang CCTV di ruang ujian, tempat parkir, dan lobi sekolah ini. Distribusi soal ujian juga berjalan sesuai dengan jadwal.

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Drs. H. Indham Kholid, ME, Senin (23/4) seusai meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 7 Kota Jambi mengatakan,  peserta ujian tampak mengerjakan soal ujiannya dengan tenang, tidak nampak tergesa-gesa. “Mudah-mudahan semuanya dapat mengerjakan soal dengan baik,”katanya.

Di sekolah itu, Wagub Jambi menyempatkan melihat berbagai pasilitas yang dimiliki Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf  Internasional tersebut. Sementara Indham Kholid, menyampaikan, akan memberi masukan kepada Kementerian Pendidikan Nasional agar ada perbaikan pada Lembar Jawaban Ujian (LJU), karena LJU tahun ini terlihat kuwalitasnya kurang baik, sebagaimana juga  LJU SMA.

Kepala SMP Negeri 7 Kota Jambi Budianto, M. Pd, menyampaikan, bahwa hari ini UN di sekolahnya diikuti 342 siswa kelas tiga SMP Negeri 7 dan 47  siswa SMP Al-Azhar Kota Jambi, ini terbagi dalam 21 ruang ujian, dimana 17 kelas untuk SMP N 7 dan 3 kelas untuk peserta UN dari SMP Al-Azhar, masing-masing kelas diikuti 16, 18 hingga 20 siswa.

UN di SMP negeri 7 diawasi oleh guru-guru dari rayon Kecamatan Telanaipura, terdiri dari  guru-guru SMP N 16, 17, 19, dan SMP Xaverius. UN berlangsung dari tanggal 23 hingga 26 April 2012.

Menurut Budianto, sebelum melaksananakan UN di SMP N 7 dilaksanakan siraman rohani, yang diisi oleh Ustad Ismail, MA, yang diawali dengan sholat hajad, kemudian doa. Doa  pertama dipimpin oleh salah seorang siswa peserta UN, kemudian oleh Ustad Ismail, MA dan salah seorang Ibu wali murid, ini dilaksanakan guna memperkuat mental anak-anak dari sisi agama.

Sementara itu Walikota Jambi dr Raden Bambang Priyanto didampingi Wakil Walikota Jambi Sum Indra meninjau UN di SMP Alfalah Kota Jambi dan SMP 5 Kota Jambi, Senin (23/4) pagi.

Pelaksanaan UN di dua sekolah itu berjalan tertib dan aman. Menurut dr Raden Bambang Priyanto, pelaksanaan UN SMP di Kota Jambi secara umum berjalan dengan baik dan tertib.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Jambi, Sukarman  mengatakan, jumlah siswa yang mengikuti UN SMP dan MTS di Kota Jambi sebanyak 9,669 peserta. Mata ujian yang di laksanakan pada hari Senin,  Bahasa Indonesia, Selasa Bahasa Inggris, Rabu Matematika, Kamis Ilmu Pengetahuan Alam.

Disebutkan, sebanyak 9,669 peserta UN terdiri dari SMP Negeri sebanyak 32 sekolah, SMP Swasta sebanyak 64 sekolah. Dari sekolah tersebut ada beberapa sekolah yang di gabungkan untuk mengikuti UN.

Khusus SMP Luar Biasa, Thehok Kota Jambi, jumlah siswanya sebanyak 11 orang akan di gabungkan ujianya ke SMPLB Srisudewi Telanaipura, SMP Pelita Ibu  bergababung ke SMPN 2,SMP Nurul Ilmi bergabung ke SMPN 19.

Kemudian SMP Alazhar bergabung ke SMPN 7, SMP Labor Stik Unbari bergabung ke SMP PGRI 2,  SMP Megatama bergabung ke SMP 4, SMP Harapan Bangsa bergabung ke SMP 6,  SMP Dwi Tungal bergabung ke SMP 20.

MTS Swasta Nurul Rodiah bergabung ke MTS Model, MTS Nurul  Iman bergabung ke MTS Model, MTS Alhidayah bergabung ke MTS talang bakung, MTS Nurul Sa’adah bergabung ke MTS Talang  Bakung. RUK

Tidak ada komentar: