Jumat, 02 Desember 2011

BMKG Ingatkan Warga di DAS Batanghari Ancaman Banjir

Kepala BMKG Jambi RL Tobing

Jambi, Batak Pos

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi mengingatkan masyarakat Provinsi Jambi, khususnya yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Batanghari. Sungai Batanghari dan kawasan tebing kini rawan banjir dan longsor.

Kepala BMKG Jambi RL Tobing didampingi petugas Prakirawan BMKG Jambi, Muslim, Selasa (29/10) mengatakan, saat ini curah hujan di Provinsi Jambi cukup tinggi. Potensi datangnya hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat berpotensi terjadi merata di seluruh kawasan Provinsi Jambi.

“Kita menghimbau masyarakat lebih waspada banjir dampak dari terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang memungkinkan berpotensi terjadinya banjir di sepanjang DAS Batanghari. Kemudian longsor di daerah rawan longsor juga akan terjadi,”katanya.

Disebutkan, ramalan BMKG, potensi hujan sepekan ke depan terjadi pada sore hingga malam hari. Ini dipengaruhi oleh suhu muka laut di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, yang berkisar antara 29C-30C begitu juga di Perairan Timur Jambi mencapai 30C.

Peluang terjadinya daerah shearline (belokan angin) di sekitar Sumatera bagian selatan, tengah pantai timur Jambi dan selat Karimata menimbulkan potensi terbentuknya awan-awan hujan pada daerah tersebut dan sebagian besar wilayah Provinsi Jambi.

Disebutkan, pada umumnya cuaca Provinsi Jambi umumnya berawan, sementara tiupan angin masih terjadi dari barat hingga utara dengan kecepatan 08- 35 km/jam. Sedangkan di pantai timur Jambi angin umumnya bertiup dari utara hingga timur dengan kecepatan 08-35 km/jam. Hal ini memicu gelombang laut berkisar antara 1.3 – 3.0 meter. RUK

Tidak ada komentar: