Senin, 28 November 2011

Wagub Jambi Minta Wartawan Media Nasional Berperan Publikasikan Potensi Provinsi Jambi


Jambi, Batak Pos

Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum meminta wartawan media nasional berperan mempublikasikan potensi sumber daya alam (SDA) di Provinsi Jambi secara nasional. Wartawan media nasional juga diharapkan untuk memberikan kritik membangun kepeda pemerintah daerah terhadap pengelolaan SDA serta kinerja pejabat publiknya.

Hal itu terungkap saat H.Fachrori Umar menerima kunjungan 14 wartawan media nasional yakni kompas.com, Bisnis Indonesia, LKBN Antara, RRI, Okezone, Suara Pembaruan, Indo Pos, Majalah Sriwijaya, TV Muslim Inggris, SCTV. Kedatangan para jurnalis ini diprakasai oleh Kepala Bidang Media dan Hubungan Antar Lembaga Kementrian Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Burhanuddin, SH.MM serta didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Didi Muryanto, Jumat (25/11) bertempat di ruang rapat Sekda provinsi Jambi.

Kunjungan para jurnalis ini sebagai langkah awal terhadap ekpose Gubernur Jambi tentang budaya dan pariwisata Provinsi Jambi yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dalam pertemuan ini pemerintah Provinsi Jambi memaparkan potensi budaya dan pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Jambi dan mendapatkan masukan serta dorongan dari insan pers untuk lebih meningkatkan pengembangan pariwisata agar lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut Wagub Jambi, kunjungan jurnalis media nasional itu diharapkan dapat memberikan dampak positif dimana melalui tulisan dari para jurnalis dapat mengangkat Provinsi Jambi dengan segala potensinya.

“Kedatangan Insan pers ini mudah-mudahan membawa berkah sehingga apa yang kita inginkan hal positif dapat tercapai, selama ini baru kali pertama wartawan media nasional hadir ke Provinsi Jambi. Selama ini orang banyak tidak tahu tentang Jambi,”kata Wagub.

Wartawan Bisnis Indonesia Hilda menyatakan bahwa Jambi harus serius mengembangkan pariwisata Jambi. Menurutnya, potensi Jambi sangat bagus, maka harus segera dibuat city tour, karena sebagai orang awam datang ke Jambi tidak tahu harus kemana untuk bertanya mengenai perjalan wisata di Provinsi Jambi.



Menurut Hilda, Jambi akan berkembang apalagi ditambah akan dilaksanakan HPN pada 2012 mendatang. Banyak potensi yang bisa ditawarkan seperti taman anggrek yang dapat dijadikan oase di tengah kota.

“Kemudian pasar keramik, Christine Hakim juga dapat dijadikan ikon pariwisata Jambi, kuatkan dari segi cerita sehingga dapat membawa banyak investor ke Provinsi Jambi,”kata Hilda .

Wartawan RRI Dina mengatakan bahwa Jambi telah menjadi sorotan public sejak tahun 1990 dimana pada tahun tersebut Jambi menjadi provinsi pertama dimana Presiden tidur di rumah dinas Gubernur.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Didi Muryanto menyatakan bahwa promosi budaya Jambi hanya dilakukan 40-60%. “Kita hanya dijatah Rp 6 milyar untuk promosi saja, untuk pengembangan kita minimal Rp 10 milyar dari APBD setiap tahunnya untuk menjalankan kegiatan wisata.

Sementara itu, Wagub Jambi, H. Fachrori Umar menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk melestarikan budaya Jambi. Himbauan itu disampaikannya dalam Penutupan Pekan Pesona Budaya Jambi Tahun 2011, Jumat (25/11) malam di Taman Rimba, Kota Jambi. Even yang dibuka pada 19 November 2011 ini ditutup secara resmi oleh Wagub. RUK

Tidak ada komentar: