Senin, 07 November 2011

Pemprov Jambi Percepat Pembangunan Fasilitas Umum di Pulau Berhala

Pulau Berhala


Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kini melakukan percepatan pembangunan fasilitas umum di Pulau Berhala, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) telah melakukan rapat rencana pembangunan fasilitas umum Pulau Berhala, bersama dengan instansi terkait lingkup Pemprov Jambi dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pemprov Jambi akan mengalokasikan dana senilai Rp 936 juta melalui dana CSR Bank Jambi dan dari dana tersebut, Rp 500 juta akan diberikan kepada Pemkab Tanjabtim, juga dengan peruntukan yang sama, membangun fasilitas umum Pulau Berhala. Sementara itu, dana dari Pemkab Tanjabtim untuk pembangunan fasilitas umum Pulau Berhala senilai Rp 247 juta.

“Selama ini, kita patuh kepada Menteri Dalam Negeri, tidak melakukan kegiatan apa-apa di sana karena status quo. Terus terang, kita memiliki beberapa fasilitas di situ yang kita siapkan selama ini, sebaliknya dari pihak sana terus melakukan kegiatan, memperbaiki dan membuat fasilitas dan sebagainya,”kata HBA di Jambi, Kamis (3/11).

Mneurut HBA, kini oleh Mendagri kita sudah ditetapkan sebagai pemilik Pulau Berhala. Oleh karena itu, Pemprov Jambi mulai bergerak memperbaiki fasilitas yang dimiliki di sana dan Jambi akan benahi administrasi pemerintahannya, termasuk fasilitas yang ada, seperti jalan lingkungan, perumahan, posko-posko, ponton, pelabuhan, dan sebagainya.

“Dana yang bisa kita gunakan adalah dana CSR yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah, yang selama ini digunakan oleh pihak BPD untuk kepentingan-kepentingan untuk membantu masyarakat yang berada di wilayah Provinsi Jambi. Misalnya fasilitas perumahan, bantuan untuk pendidikan, bantuan sosial. Dana itu kita minta digunakan untuk memperbaiki fasilitaus umum dan fasilitas sosial kita di Pulau Berhala,”ujarnya.

Disebutkan, dana yang digunakan dari CSR untuk membangun fasilitas umum dan sosial di Pulau Berhala senilai Rp 936 juta dan dari dana tersebut Rp 500 juta diberikan kepada Pemkab Tanjabtim untuk memperbaiki fasilitas sosial di Pulau Berhala. Tanjabtim sendiri memiliki dana Rp 247 juta.

Terkait aset Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Berhala, kata HBA menegaskan bahwa aset itu sudah didata oleh Pemprov Jambi dan akan ditindaklanjuti dengan perundingan oleh kedua belah pihak, sepanjang nantinya Pemprov Kepri sudah menerima keputusan Menteri Dalam Negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Didy Wurjanto, mengatakan, fasilitas di Pulau Berhala, pulau yang dinamakan Sekeping Surga di Tanah Melayu tersebut sangat mendesak untuk diperbaiki.

Sejumlah SKPD yang membangun yakni Dinas Perhubungan akan membangun dermaga, dibelakang dermaga yang lama, dinas Pertanian : penanaman buah-buahan khusus untuk oleh-oleh (Buah Naga), Jelutung, Mangrove, Dinas Kelautan : pengadaan/pemeliharaan penyu dan itik.

Kemudian Dinas Pekerjaan Umum (PU) : membangun jalan lingkungan dan rumah masyarakat, Dukcapil: pendataan masyarakat, Dispora: Even voli pantai, lomba mancing, Dinas Perikanan: pengadaan 450 perahu, ESDM : pengadaan genset dan mengupayakan PLTS. Kedepannya harus disusun masterplan pembangunan Pulau Berhala yang berkesinambungan. RUK

Tidak ada komentar: