Senin, 07 November 2011

1500 Rumah Warga Jambi Bakal Dialiri Pipa Gas


Jambi, Batak Pos

Sebanyak 1500 rumah warga pada tahun 2012 bakal dialiri pipa gas untuk kebutuhan sehari-hari. Hal itu merupakan program pipanisasi gas di Provinsi Jambi yang akan diluncurkan pemerintah pusat pada tahun 2012 nanti. Masyarakat kedepan tidak lagi mengantre atau kesulitan dalam memperoleh gas elpiji, pasalnya pemerintah akan langsung membuat aliran gas melalui pipa ke rumah-rumah.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), Jumat (4/11) mengatakan, pihaknya menyebut baik program yang akan diluncurkan yang bernama city gas, yakni kerjasama antara Dirjen Migas dengan pihak swasta.

“Untuk tahap awal direncanakan akan dialirkan pada 1500 rumah. Program ini akan dimulai dari daerah Kota Jambi. Yang membangun nanti pihak swasta bekerjasama dengan Dirjen Migas pemerintah pusat. Di Kota Jambi kita mendapat jatah sekitar 1500 kepala keluarga,”katanya.

Disebutkan, pipa gas itu dibangun layaknya jaringan pipa PDAM. Masyarakat tinggal putar saja untuk bisa menggunakan gas tersebut untuk konsumsi sehari-hari. Nantinya akan dilengkapi dengan meteran untuk mengukur biaya layaknya PDAM.

Selain program city gas, Pemerintah Provinsi Jambi sendiri saat ini sedang giat-giatnya mengeksplorasi potensi gas bumi. Saat ini, ada empat sumur panas bumi yang dibangun dan sudah sampai dalam tahap pengeboran.

“Ada empat sumur lagi yang saat ini sedang digali, di Sarolangun, Kerinci, Sungai Tenang dan Merangin. Setelah digali, maka sumur-sumur sumber gas tersebut akan ditawarkan kepada pihak swasta untuk kemudian dikelola dengan sistem kerja sama,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: