Rabu, 19 Oktober 2011

Kebijakan Pemerintah Harus Berdasarkan Riset


Jambi, Batak Pos

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir Syahrasaddin, MSi menyatakan, bahwa kebijakan yang dibuat pemerintah harus berdasarkan riset ilmu pengetahuan agar tidak sia-sia tanpa implementasi. Kebijakan pemerintah juga harus dititip beratkan kepada kepentingan public.

Hal itu dikatakan Syahrasaddin saat membuka seminar hasil kajian Balitbangda Provinsi Jambi tahun 2011, Kamis (13/10). Menurutnya, kedepan kita berharap para peneliti memberikan data-data yang benar.

“Kalau penelitian itu hanya sebatas penelitian itu sendiri itu tidak ada gunanya, harus diaplikasikan ke dalam bentuk program. Saat ini dibutuhkan penemuan-penemuan yang inovatif yang dapat memperbaiki kualitas hidup manusia dan penelitian ini sudah ditunggu oleh masyarakat,”katanya.

Menurut Sekda, percepatan pembangunan tidak mungkin tanpa adanya peneliti untuk itu pemerintah harus concern dan memasukkan para ilmuwan di dalam pembangunan.

“Saya berpesan kepada Ketua Baliltbangda untuk mengembangkan hasil Litbang, karena tidak mungkin kita dapat berkembang pesat tanpa litbang, meninggalkan para ilmuwan itu selain tidak bijak untuk percepatan pembangunan ke depan,”katanya.

Disebutkan, dengan kajian kelitbangan dapat memandang secara komprehensif untuk membuat keputusan yang berwibawa. “Kita berharap kebijakan ke depan rumusan yang akan kita ambil berdasarkan litbang baik kajian kelitbangan kita berharap memandang secara komprehensif sehingga setiap keputusan harus dimulai dengan kajian Ipoleksusbudhankam, sehingga keputusan yang kita buat adalah kebijakan yang beribawa menuju good governance,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: