Senin, 25 Juli 2011

PAUD Jadi Tema HAN di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Isu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam membentuk kualitas tumbuh kembang anak yang berkualitas, maju, mandiri dan beprestasi menjadi tema pada Gebyar PAUD peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2011, bertempat di Gedung Olah Raga Kotabaru Jambi, Senin (25/7).

Gebyar PAUD dibuka Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus. Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri, Wakil Menteri Pendidikan RI, Prof.Dr.Fasli Jalal, Duta PAUD Indonesia Dewi Hughes, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs.H.Idham Kholid,ME.

Dalam acara ini juga sekaligus dilakukan pengukuhkan Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri sebagai Bunda PAUD Provinsi Jambi oleh Wakil Menteri Pendidikan RI, Prof.Dr.Fasli Jalal.

Menurut Hasan Basri Agus, dalam penyelenggaraan PAUD harus diarahkan untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak yang meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik, social, dan emosional.

Gubernur menambahkan bahwa momentum dijadikan wahana untuk mengingatkan tiga hal mendasar yaitu: pertama memberikan perlindungan kepada anak, kedua pendidikan anak, ketiga memberikan kasih sayang.

“Peringatan Hari Anak Nasional yang kita selenggarakan pada hari ini, telah memasuki usia 25 tahun. Ini menunjukkan bahwa komitemen dan perhatian yang besar dari bangsa kita terhadap anak-anak Indonesia,”tambahnya.

Ketua Bunda PAUD Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri mengatakan, perhatian pemerintah dalam pengembangan dunia pendidikan anak usia dini harus serius. “Kita tahu setiap PAUD yang ada merupakan binaan PKK –Provinsi dimana kita juga mmeiliki CBC yang merupakan percontohan di tingkat nasional,”katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Drs.H.Idham Kholid,ME menyatakan bahwa peringatan Hari Anak Nasional ini merupakan momentum strategis untuk menggugah dan membangkitkan segenap komponen bangsa betapa pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak, termasuk pemenuhan perlindungan anak.

“Mengingat hal tersebut,penyelenggaraan HAN tahun 2011 tingkat Provinsi Jambi diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah untuk meningkatkan upaya pemerataan, perluasan dan meningkatkan mutu kehidupan,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: