Sabtu, 18 Juni 2011

Flu Burung Merebak di Batanghari

Foto dikutip dari google.com

Jambi, BATAKPOS

Wabah flu burung (avian influenza) kini merebak di Kabupaten Batanghari. Wabah penyakit flu burung sudah meluas di tujuh kelurahan dan desa yang mengakibatkan ribuan unggas mati. Flu burung tersebut dikwatirkan akan menyerang manusia jika tidak dicegah dini.

Dinas Petenakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Batanghari, Jumat (17/6/11) mencatat di antara desa dan kelurahan yang unggasnya positif terserang flu burung adalah Desa Awin Kecamatan Pemayung, Kelurahan Teratai, Desa Pasar Baru Kecamatan Muarabulian.

Kemudian Kelurahan Sridadi Kecamatan Muarabulian, Simpang Terusan, Kota Muarabulian , Desa Rantau Puri, Kecamatan Pemayung juga telah terserang flu burung.

“Ribuan unggas (ayam-red) warga yang mati semuanya positif terkena serangan dari flu burung. Langkah yang sudah dilakukan untuk mengatasi meluasnya penyebaran kasus flu burung tersebut dengan penyeprotan desinfektan ke daerah yang sudah terkena,”kata Kabid Pengamat Hewan Ternak dan Ikan, Julmadin di ruang kerjanya, Jumat (17/6/11).

Disebutkan, penyemprotan dilakukan oleh petugas guna memutuskan meluasnya penyebaran flu burung terhadap ungas lainya. Sedangkan untuk penyebaran personil, untuk mengawasi apabila unggas warga mudah dapat dipantau oleh Disnakan Batanghari.

“Kendala yang kerap kali dihadapi petugas dalam penyenggahan kasus flu burung di Kabupaten Batanghari akibat kurangnya peran aktif dari laporan masyarakat apabila ungasnya sudah terserang flu burung. Karena warga baru melaporkan kepada Dinas apabila unggasnya sudah banyak yang mati,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: