Kamis, 03 Maret 2011

Pemerintah Belum Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi hingga kini dinilai belum mampu mengatasi penanggulangan kemiskinan di Provinsi Jambi. Tahun 2011 ini tercatat jumlah keluarga miskin masih tercatat 33.309 orang. Angka kemiskinan di Jambi masih cukup tinggi.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Handayani, Rabu (2/3) mengatakan, jumlah keluarga miskin mencapai 33.309 orang, pemerintah harus memberikan perhatian yang khusus.

“Kita melihat anggaran untuk pengentasan kemiskinan, memang masih jauh dari harapan kita. Penduduk miskin harus mendapat perhatian dari peerintah. Namun Pemprov Jambi sudah mulai menempatkan porsi pro rakyat miskin dengan program Satu Miliar Satu Kecamata (Samisake),”katanya.

Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi Rafli Nur, mengatakan, angka penduduk yang sangat miskin di Jambi tergolong masih tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu kerjasama semua pihak termasuk pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah.

Dikatakan, penduduk miskin di Jambi bukan hanya terkonsentrasi di daerah, melainkan juga banyak berada di Kota Jambi. Selain jumlah 33.309 jiwa penduduk sangat miskin di Jambi, masih juga terdapat 130.863 penduduk miskin yang usianya diatas 60 tahun, atau 4,62 persen dari total penduduk Jambi.

Kemudian sebanyak 16 ribu jiwa penduduk Jambi kehidupannya terlantar alias tidak mempunyai tempat tinggal tetap. Pemerintah Provinsi Jambi diharapkan lebih memfokuskan program pro rakyat daripada untuk anggaran belanja pegawai. ruk

Tidak ada komentar: