Senin, 28 Maret 2011

Jelang Kunjungan Wapres ke Jambi, Isu Paket Bom Mulai Merebak

Jambi, BATAKPOS

Jelang kunjungan Wakil Presiden RI Budiono ke Provinsi Jambi dalam rangka pembukaan Jambi Emas Expo 2011 awal April mendatang, isu paket Bom mulai merebak di Provinsi Jambi. Dua pekan terakhir sudah dua isu paket bom di Jambi. Masyarakat Provinsi Jambi diminta untuk ikut menjaga keamanan serta tidak panic atas isu paket bom tersebut.

Isu paket bom terakhir terjadi di Kota Jambi tepatnya di Lorong Hidayat RT 22, Kecamatan Kotabaru, persis di samping Lapas Jambi Jambi, Kamis (24/3) sekitar pukul 06.30. Isu paket bom tersebut sempat membuat geger warga sekitar.

Kemudian isu paket bom juga terjadi di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Provinsi Jambi, Selasa (22/03). Paket yang diduga bom itu tergeletak di antara pemukiman warga di Jl Ketapang RT 20 nomor 68 Kelurahan Tungkal Harapan, Kualatungkal, Tanjabar.

Kemudian Polres Tanjung Jabung Barat mengevakuasi paket tersebut ke dalam tempat terminal sampah yang tak jauh dari lokasi ditemukannya paket. Paket berwarna putih kecokelatan itu pertama kali ditemukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Santi (30) pemilik rumah nomor 68 pada Senin (21/3) lalu sekitar pukul 07.00.WIB.

Paket diduga bom yang terjadi Kamis (24/3) diterima pemilik rumah. Ketika dibuka di luar paket itu tertulis kalimat yang mencurigakan. Anak pemilik rumah langsung menendang paket tersebut ke teras rumah.

Kemudian pemilik rumah langsung melaporkan soal paket yang mencurigakan tersebut ke pihak kepolisian. Aparat kepolisian yang datang langsung memberi garis polisi di sekeliling rumah. Sedangkan penghuni rumah di evakuasi keluar.

Tim Gegana Polda Jambi yang datang ke lokasi kejadian, langsung mempersiapkan petugas yang melakukan evakuasi paket mencurigakan itu. Pantauan di lokasi menunjukkan, puluhan anggota polisi yang dipimpin Kapolresta Kombes Pol Syamsuddin Lubis, mengamankan areal temuan paket diduga bom.

Ratusan warga juga menyaksikan tim evakuasi yang hendak melakukan pengamanan terhadap paket yang diduga bom itu. Satu anggota Gegana berpakaian lengkap untuk evakuasi, sebelum mengamankan paket itu, meletakan sebuah alat pendeteksi bom. Kemudian paket mencurigakan itu telah diamankan Anggota Gegana Polda Jambi.

Kapolresta Kombes Pol Syamsuddin Lubis mengatakan, warga diminta ikut menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. Dia juga meminta warga yang menerima paket mencurigakan agar jangan panic dan melaporkannya ke kantor polisi terdekat. ruk

Tidak ada komentar: