Jumat, 10 Desember 2010

Lapas II Jambi Diusulkan Jadi Lapas Anak-anak

Jambi, BATAKPOS

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Perwakilan Jambi, Bambang Yudhotomo, Kamis (9/12) mengusulkan agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Jambi dijadikan sebagai Lapas untuk anak-anak atau wanita. Lapas II Jambi tidak standar lagi untuk Lapas Narapidana dan tahanan kasus kejahatan umum.

Menurut Bambang Yudhotomo, Lapas untuk narapidana dan tahanan umu sudah saatnya untuk dibangun baru. Lokasi Lapas II Jambi yang berada di tengah Kota Jambi tak cocok lagi untuk lapas narapidana dan tahanan kejahatan umum.

“Lapas Kelas IIA Jambi tak memadai buat Napi atau tahanan kejahatan umum seperti perampokan, lebih cocok untuk pemasyarakatan anak-anak, narkotika dan wanita. Karena bentuk klasemennya yang tidak beraturan sehingga pengawasan terhalangi oleh tembok bangunan Lapas,”kata Bambang.

Disebutkan, Lapas Kelas IIA Jambi baru cocok untuk para Napi dan tahanan kejahatan umum jika klasemen kamar tahanannya dibangun dengan bentuk bangunan liter U dengan satu menara pengawas didepannya. Sehingga memudahkan pengawasan terhadap para penghuni Lapas.

“Rata-rata masa pidana pelaku kejahatan dalam kejahatan umum cenderung tinggi dibandingkan dengan kejahatan khusus. Sementara bangunan lapas kelas IIA saat ini susunan kamar tahanannya tidak beraturan sehingga sangat sulit untuk mengawasi para penghuni Lapas,”katanya.

Menurut Bambang, selain merubah bentuk klasemen Lapas, pihaknya juga memberikan motivasi kepada Napi dengan memberikan tanggung jawab yang besar sehingga Napi mempunyai peran penting di dalam Lapas. ruk

Tidak ada komentar: