Senin, 12 Juli 2010

Kejahatan Konvensional Mendominasi di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Kejahatan konvensional seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor mendominasi kejahatan selama Januari hingga Juni 2010 di jajaran Kepolisian Daerah Jambi.

Kapolda Jambi Brigjen R Dadang Garhadi, melalui Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, Kamis (8/7) mengatakan, pelaku kejahatan konvensional cenderung orang-orang luar.

Meski demikian, ada pelaku atau pemain lokal namun jumlahnya tidak begitu banyak dibanding pelaku dari luar Jambi. Sedangkan pelaku pada umumnya menggunakan senjata tajam (sajam), dan sedikit yang menggunakan senjata api (senpi).

“Kejahatan konvensional itu juga dipengaruhi oleh jalur lalu lintas. Dari sekian banyak jumlah kejahatan dari Januari hingga Juni 2010, kejahatan konvensional paling menonjol. Kebanyakan korbannya adalah petani, seperti petani sawit atau petani lainnya,”kata Almansyah.

Disebutkan, dari data yang ada, tindak pidana yang terjadi sejak Januari 2010 hingga Juni ada 737 kasus pidana yang terjadi. Dari total 737 kasus pidana sebagian besar kejahatan konvensional mendominasi tindak pidana tersebut.

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk menggalakkan Siskamling dilingkungan pemukiman sekitar. Dikwatirkan, kasus konvensional akan meningkat jelang bulan Ramadhan dan hari raya. ruk

Tidak ada komentar: