Selasa, 27 Juli 2010

Hanya Empat Parpol Bisa Usung Pasangan Calon

Jelang Pemilukada Kabupaten di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Jelang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) kabupaten tahun 2010 di Provinsi Jambi, hanya empat Partai Politik yang bisa mengusung calon tanpa melalui koalisi partai. Empat parpol itu yakni Golkar, PAN, PDIP dan PBR.

Tahun ini, sekira bulan Oktober empat kabupaten yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Batanghari, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur melakukan Pemilukada.

Menurut data yang diperolah BATAKPOS, Rabu (21/7), di Tanjabar, hanya PDIP yang bisa mengusung calon tanpa koalisi. PDIP di DPRD Tanjabar memiliki 7 kursi.

Kemudian di DPRD Kota Sungai Penuh dan Tanjabtim, PAN bisa mengusung calon tanpa koalisi. Di Sungaipenuh PAN memiliki 3 kursi di DPRD atau sesuai syarat minimal untuk mengusung calon.

Sedangkan di Tanjabtim, PAN berhasil mendudukkan 12 orang kadernya di DPRD Tanjabtim. Sementara syarat untuk mengusung pasangan calon tanpa koalisi hanya 5 kursi di dewan.

Partai Golkar dan PBR bisa mengusung calon sendiri di Pemilukada Batanghari tanpa koalisi dengan partai lain. Hingga kini empat parpol tersebut belum mengumumkan secara terbuka pasangan calon untuk maju di Pemilukada Oktober mendatang.

PAN akan mengusung kandidat Zumi Zola di Tanjabtim, Usman Ermulan di Tanjabar, Ardian Faisal di Batanghari serta Hasvia dan Liberty di Sungaipenuh. Sementara Golkar baru menetapkan satu cabup yakni Syahirsah di Batanghari. Sementara PBR dan PDIP hingga kini belum memutuskan siapa yang akan diusung.

Sementara DPC PBR Batanghari dan DPW PBR Jambi menjagokan Syahirsah, Zuhdi Asran dan Yuninnta Asmara. PBR juga dikabarkan cukup mendapatkan posisi wakil bupati saja. Beberapa nama yang santer akan diusung PBR untuk disandingkan bersama Syahirsah diantaranya Erpan (Sekda Batanghari), Salim Jufri (Mantan Sekda Batanghari) dan Kemas Alfarizi (Ketua PBR Kota Jambi). ruk

Tidak ada komentar: