Senin, 21 Juni 2010

Dua Pasangan Cagub Jambi Perang Survei

Jelang Pemilukada Provinsi Jambi 19 Juni 2010

Jambi, BATAKPOS

Dua pasangan calon gubernur Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Provinsi Jambi perang survei di media massa guna mengambil simpatik pemilih. Dua pasangan itu yakni Hasan Basri Agus-Fachrori Umar (No Urut 2) dan Madjid Muaz-Abdullah Hich (No urut 3).

Pengamatan BATAKPOS Kamis (10/6) menunjukkan, kedua pasangan calon itu saling serang publikasi hasil survei yang dilakukan dua lembaga survei berbeda kepada dua pasangan calon itu. Hasil survei kedua lembaga itupun diekspose besar-besaran di media lokal.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA di Jambi Rabu malam lalu mengatakan, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Hasan Basri Agus (HBA) - Fahchrori Umar berpotensi memenangkan Pemilukada Provinsi Jambi dalam satu putaran pada Pemilukada 19 Juni mendatang.

LSI telah melakukan survei berdasarkan tracking survei yang dilakukan oleh LSKP, anak perusahaan yang bernaung dalam LSI Group. Popularitas HBA paling menonjol di antara kandidat yang lain. Bahkan dalam hasil survei terakhir yang dilakukan bulan Mei yang lain, pasangan HBA-Fachrori Umar dipilih oleh 35,5% responden.

Sedangkan pasangan Zulfikar Ahmad - Ami Taher mengantongi dukungan 17,7 persen , Madjid Muaz -Abdullah Hich 13,9 persen dan pasangan Safrial - Agus Setyonegoro didukung oleh 7,3 persen.

Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan mengambil responden sebanyak 440 orang yang telah mempunyai hak pilih yang tersebar di 10 kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Survei ini mematok sampling error plus minus 4,8 persen.

Direktur LSKP, Sunarto Ciptoharjono, konsultan pemenangan Pasangan HBA - Fachrori Umar, mengatakan, pihaknya menurunkan relawan baik melakukan mobilisasi maupun media ekspose dalam upaya pemenangan HBA-Fachrori Umar.

Sementara berdasarkan survei Riset Charta Politika, pasangan nomor tiga, MM-Hich mengatakan, popularitas Madjid Muaz sebesar 83.7 persen dan Hich 73. persen. Berbeda dengan pasangan HBA-Fachrori yang tidak berimbang. Sedangkan popularitas HBA sebesar 88.3 persen dan Fachrori hanya 55.1 persen.

Direktur Riset Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, pasangan MM-Hich diprediksi memperoleh suara pada Pemilukada Sabtu 19 Juni mendatang sebanyak 30,54 persen dari jumlah 2.231.632 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan mencoblos di 6.493 tempat pemungutan suara (TPS) se Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: