Senin, 17 Mei 2010

Fenomena Facebook Dikalangan Orang Batak

Jambi, BATAKPOS

Situs jejaring sosial (fecebook) kini menjadi fenomena dikalangan masyarakat, khususnya masyarakat Batak di perantauan. Hipnotis positif jejarangin sosial ini kini merambah masyarakat Batak di Jambi dari usia muda hingga paruh baya.

Bahkan dampak dari jejaring facebook ini cukup beragam. Ada yang menilai cukup positif jika diarahkan kepada hal yang positif dalam berkomunikasi tanpa batas dengan biaya relatif murah.

Namun ada juga dampak negatif khususnya bagi anak-anak sekolah yang memaksa orangtuanya untuk membeli telepon gengam (HP) yang programnya bisa facebook. Selain itu penggunaan situs jejaring FB juga bisa membuat anak lupa akan belajar.

Pengamat Sosial di Jambi, St R Saragih S Sos kepada BATAKPOS Jumat (30/4) mengatakan, penggunaan jejaring sosial FB bisa bermanfaat positif. Penggunaan FB ini sangat mudah dan cukup bermanfaat bagi komunikasi tanpa batas dengan murah.

Menurutnya, jejaring FB bisa memberikan informasi akurat khususnya kepada saudara-saudara sesama pengguna FB. ”Sebagian besar orang Batak di Jambi sudah menggunakan FB sebagai wadah komunikasi alternatif yang meluas,”katanya.

Namun FB bisa juga berdampak negatif bagi anak-anak dibawah umur yang terjerat dalam komunikasi FB yang mengarah kepada asusila. ”Kita minta orang tua, jangan mudah memberikan fasilitas FB ini kepada anak dibawah umur,”ujarnya.

Parulian Manihuruk (29) seorang pengguna FB mengatakan, dampak positif FB lebih banyak daripada dampak negatifnya. ”Melalui jejaring FB ini saya bisa mengetahui kabar saudara saya yang jauh diperantauan yang juga pengguna jejaring FB. Komunikasi lewat FB sangat efektif,”katanya.

Pengamatan BATAKPOS di Jambi menunjukkan, kalangan orang Batak di Jambi kini sangat menggeluti dunia maya jejaring FB. Bahkan tidak sedikit masyarakat Batak di Jambi menggunakan komunikasi FB ini sebagai media untuk mencurahkan isi hati hingga pergumulan hidup di perantauan. ruk

Tidak ada komentar: