Kamis, 15 April 2010

Jambi Prioritaskan Empat Titik Pembangunan

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi memprioritaskan empat titik pembangunan demi mensejahterakan rakyat. Empat prioritas pembangunan itu termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Jambi 2005 – 2025.

Prioritas Pembangunan Provinsi Jambi pada tahun 2011 akan dititikberatkan pada Peningkatan Sarana dan Prasarana Pelayanan Dasar, Peningkatan Sumberdaya Manusia dan Kebudayaan, Penataan Kelembagaan, serta Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup yang Berkualitas.

Demikian disampaikan Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jambi tahun 2010, bertempat di Ratu Convention Centre hotel Ratu Jambi, Senin (12/04).

Menurut Zulkifli Nurdin, tujuan dilaksanakan musrenbang ini adalah tersusunnya Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2011. Para peserta Musrenbang ini dapat mengakomodasikan berbagai aspirasi dan permasalahan kemasyarakatan dan pembangunan sehingga dapat dijadikan bahan dalam penyusunan Kebijakan Program dan Kegiatan.

Disamping itu, dengan Musrenbang ini, Gubernur berharap akan dapat mengkoordinasikan dan mengintegrasikan, tujuan dan sasaran pembangunan kedalam kegiatan-kegiatan yang telah disusun sebelumnya pada Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat, Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten/Kota, yang selanjutnya akan dijadikan bahan usulan Musrenbang Nasional.

Seiring dengan itu ujar Gubernur, bahwa upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, meskipun terjadi peningkatan dalam stabilitas, namun belum cukup memadai didalam mendongkrak kesejahteraan masyarakat, karena pertumbuhan ekonomi Jambi dari sisi pengeluaran, didominasi oleh konsumsi masyarakat, investasi berupa pembentukan modal dan ekspor barang dan jasa. Sedangkan dari sisi produksi pertumbuhan ekonomi Jambi didominasi oleh sektor pertanian, industri dan pertambangan. Oleh karena itu, faktor-faktor tersebut perlu menjadi bahan pertimbangan dan perhatian bersama dalam menentukan program dan kegiatan pembangunan tahun 2011.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Armida S. Alisjahbana dalam sambutan tertulisnya yang disampikan oleh Deputi Kemiskinan, Tenaga Kerja dan UKM Dr. Prasetijono Widjojo MJ menyampaikan, jika melihat kinerja perekonomian Provinsi Jambi dalam lima tahun terakhir, maka tantangan ke depan adalah bagaimana menjaga momentum pertumbuhan yang telah cukup baik, bahkan meningkatkannya.

Dijelaskannya, bahwa selama kurun 2004-2008, laju pertumbuhan Jambi terus meningkat dengan rata-rata 6,8 persen pertahun. Tahun 2008 bahkan wilayah ini bertumbuh 7,2 persen (kuartal pertama), jauh di atas laju pertumbuhan nasional. Bila tren ini dapat dijaga, diharapkan peran Jambi semakin meningkat dalam perekonomian nasional, di mana saat ini baru berkontribusi sebesar 1 persen terhadap total PDRB. ruk

Tidak ada komentar: